Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Ubah SMS Jadi Mirip WhatsApp

Kompas.com - 27/02/2017, 13:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google berencana untuk mengubah SMS atau pesan teks menjadi alat komunikasi yang lebih modern. Perubahan tersebut antara lain dengan membuatnya memiliki fitur mirip WhatsApp, yakni bisa dipakai berkirim foto hingga membuat grup.

Fitur SMS seperti yang disebutkan di atas saat ini dikenal sebagai Rich Communication Services (RCS). Untuk mengembangkannya, Google bekerja sama dengan para operator dan vendor ponsel di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Senin (27/2/2017), Google sendiri mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 27 operator dunia yang berniat meluncurkan RCS ini. Beberapa di antaranya adalah Orange, Dutch Telekom, Globe, Sprint, Rogers dan Telenor.

Aplikasi RCS tersebut akan dipasang sebagai bawaan ponsel dan dibanderol dengan nama Android Message. Sejumlah vendor ponsel, antara lain LG, Motorola, Sony dan ZTE, telah terlibat dan menyetujui pemasangan aplikasi seperti ini.

Artinya, akan ada banyak dan kemungkinan lebih dari 1 miliar pengguna layanan telekomunikasi di dunia yang bakal siap memakai RCS untuk mengirim pesan teks, foto resolusi tinggi, hingga membuat grup obrolan.

“Tahun lalu, kami telah menyelaraskan persoalan ini dengan berbagai rekan dan berusaha mengembangkan teknologi agar bisa dipakai. Tahun ini, kami akan meluncurkan layanan itu sehingga pelanggan operator telekomunikasi bisa memakainya,” terang Head of RCS Google, Amir Sarhangi.

Penerapan RCS ini diperkirakan bakal berdampak besar dan luas. Pasalnya, seluruh ponsel Android yang memakai layanan telekomunikasi dari operator pemilik RCS akan mendapatkan upgrade secara otomatis. Pengguna layanan operator akan bisa langsung memakai RCS tersebut.

Satu hal yang perlu dicatat. Sarhangi mengaku bahwa RCS ini masih memiliki kendala dalam hal implementasinya. Pasalnya demi menyalakan RCS dan memberikan manfaatnya pada banyak pengguna, Google harus menggandeng lebih banyak operator telekomunikasi. Tanpa kesepakatan dengan operator telekomunikasi, RCS itu mustahil diterapkan.

Kondisi saat ini perusahaan telekomunikasi besar di AS, seperti Verizon, AT&T dan T-Mobile pun masih enggan untuk mendukung aplikasi RCS. Sarhangi mengatakan saat ini Google belum mengumumkan kepastian soal waktu perilisan RCS itu.Pasalnya mereka bersama para rekanan lain sedang mengerjakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com