Kompas.com - 27/02/2017, 13:19 WIB
Ilustrasi ForbesIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google berencana untuk mengubah SMS atau pesan teks menjadi alat komunikasi yang lebih modern. Perubahan tersebut antara lain dengan membuatnya memiliki fitur mirip WhatsApp, yakni bisa dipakai berkirim foto hingga membuat grup.

Fitur SMS seperti yang disebutkan di atas saat ini dikenal sebagai Rich Communication Services (RCS). Untuk mengembangkannya, Google bekerja sama dengan para operator dan vendor ponsel di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Senin (27/2/2017), Google sendiri mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 27 operator dunia yang berniat meluncurkan RCS ini. Beberapa di antaranya adalah Orange, Dutch Telekom, Globe, Sprint, Rogers dan Telenor.

Aplikasi RCS tersebut akan dipasang sebagai bawaan ponsel dan dibanderol dengan nama Android Message. Sejumlah vendor ponsel, antara lain LG, Motorola, Sony dan ZTE, telah terlibat dan menyetujui pemasangan aplikasi seperti ini.

Artinya, akan ada banyak dan kemungkinan lebih dari 1 miliar pengguna layanan telekomunikasi di dunia yang bakal siap memakai RCS untuk mengirim pesan teks, foto resolusi tinggi, hingga membuat grup obrolan.

“Tahun lalu, kami telah menyelaraskan persoalan ini dengan berbagai rekan dan berusaha mengembangkan teknologi agar bisa dipakai. Tahun ini, kami akan meluncurkan layanan itu sehingga pelanggan operator telekomunikasi bisa memakainya,” terang Head of RCS Google, Amir Sarhangi.

Penerapan RCS ini diperkirakan bakal berdampak besar dan luas. Pasalnya, seluruh ponsel Android yang memakai layanan telekomunikasi dari operator pemilik RCS akan mendapatkan upgrade secara otomatis. Pengguna layanan operator akan bisa langsung memakai RCS tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu hal yang perlu dicatat. Sarhangi mengaku bahwa RCS ini masih memiliki kendala dalam hal implementasinya. Pasalnya demi menyalakan RCS dan memberikan manfaatnya pada banyak pengguna, Google harus menggandeng lebih banyak operator telekomunikasi. Tanpa kesepakatan dengan operator telekomunikasi, RCS itu mustahil diterapkan.

Kondisi saat ini perusahaan telekomunikasi besar di AS, seperti Verizon, AT&T dan T-Mobile pun masih enggan untuk mendukung aplikasi RCS. Sarhangi mengatakan saat ini Google belum mengumumkan kepastian soal waktu perilisan RCS itu.Pasalnya mereka bersama para rekanan lain sedang mengerjakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.