Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Resmikan Teknologi Kamera Ponsel "Zoom" 5x

Kompas.com - 27/02/2017, 20:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Oppo resmi merilis teknologi fotografi smartphone bertajuk "5x Dual-Camera Zoom" pada ajang MWC 2017, di Barcelona, Spanyol. Teknologi tersebut sudah ramai diperbincangkan sejak sepekan terakhir.

Pasalnya, Oppo sempat memberi "teka-teki" lewat beberapa video teaser yang dipublikasikan secara rutin sejak H-5 peluncuran. Lantas, apa sebenarnya teknologi 5x Dual-Camera Zoom itu?

"Kami perkenalkan anda teknologi yang revolusioner, memiliki kemampuan zoom maksimum, tampilan tertipis, serta stabilitas yang terjaga," demikian kata King Bai, Director of Hardware Oppo di acara peluncuran yang dihadiri jurnalis KompasTekno, Fatimah Kartini, Senin (27/2/2017).

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com King Bai, Director of Hardware Oppo saat memperkenalkan teknologi 5x Oppo di MWC Barcelona, Senin (27/2/2017).
Sesuai namanya, 5x tak lain adalah teknologi untuk mendekatkan obyek bidikan, alias zoom pada kamera smartphone sebanyak lima kali tanpa mengurangi kualitas foto. Hal ini berkat optimalisasi kamera ganda alias dual-camera.

Oppo memadukan lensa sudut lebar alias wide-angle dengan lensa jarak jauh alias telephoto yang menjamin ketajaman gambar. Kerangka telephoto-nya menggunakan struktur periskop yang mampu menangkap objek dari posisi tak saling berlurusan.

Dalam hal ini, Oppo menggeser lensa telephoto sejauh 90 derajat, sehingga ada format prisma yang terbentuk untuk memantulkan cahaya serta memberi ruang lensa yang lebih besar ke lensa wide-angle.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mengambil foto lanskap, portrait, close-up, dan semua format standar yang biasanya tertangkap kamera profesional.

"Teknologi 5x Dual-Camera Zoom kami akan sekali lagi menetapkan standar teknologi yang menjadi inspirasi bagi manufaktur smartphone lain," imbuh Vice President and Managing Director Oppo, Sky Li di kesempatan yang sama.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Teknologi kamera mobile zoom 5x yang dikenalkan Oppo di MWC Barcelona, Senin (27/2/2017).
Inovasi dan modifikasi lensa semacam ini dikembangkan oleh 106 engineer Oppo dalam kurun waktu hampir satu tahun. Lebih lanjut, teknologi zoom biasanya memiliki dua dampak negatif, yakni bodi ponsel yang tebal dan gampang terdistraksi oleh guncangan.

Risiko itu sudah dipikirkan oleh tim engineer Oppo. Pengguna tak perlu takut ponselnya ketebalan, sebab struktur periskop pada teknologi 5x hanya memiliki ketebalan 5,7mm. Volume itu bahkan 10 persen lebih tipis dibandingkan lensa zoom dua kali pada kamera smartphone.

Dari segi stabilitas, guncangan terkecil bisa berdampak besar terhadap kejelasan gambar ketika faktor zoom ditingkatkan dalam pengambilan gambar. Lagi-lagi, masalah ini diatasi berkat lensa berstruktur periskop.

Alih-alih menggunakan stabilisator pada lensa wide-angle seperti vendor smartphone lainnya, Oppo malah menyematkan stabilisator pada lensa telephoto. Alhasil, lensa telephoto mampu menangkap guncangan secara menyeluruh dan langsung mengatasinya.

Intinya, Oppo mengklaim teknologi 5x Dual-Camera Zoom mampu meningkatkan performa kamera smartphone sebanyak 40 persen. Hingga kini belum jelas kapan teknologi ini akan lahir dalam wujud produk smartphone.

Baca: Mengintip Booth Oppo di MWC Barcelona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com