Kompas.com - 28/02/2017, 06:45 WIB
Sony Xperia XZ Premium yang dipamerkan di ajang MWC 2017 Barcelona. Deliusno/KOMPAS.comSony Xperia XZ Premium yang dipamerkan di ajang MWC 2017 Barcelona.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Nama Xperia, smartphone bikinan Sony Mobile, memang sudah jarang terdengar belakangan ini. Tidak mau terlalu lama "tertidur", Sony pun unjuk gigi dengan merilis perangkat baru, Xperia XZ Premium, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017.

Xperia XZ Premium merupakan seri dengan spesifikasi lebih tinggi dari Xperia XZ yang dirilis pada ajang MWC 2016 lalu. Pihak Sony sendiri menyebut bahwa perangkat yang satu ini sebagai serba pertama.

Salah satunya adalah smartphone komersil pertama yang mengusung chipset Snapdragon 835. ZTE memang lebih duku mengusung chipset mobile teranyar Qualcomm ini, namun perangkatnya, Gigabit Phone masih merupakan purwarupa.

Baca: Samsung Dirumorkan Borong Snapdragon 835, LG dan HTC Tak Kebagian?

Chief Executive Officer and President Sony Mobile, Hiroki Totoki juga berkata bahwa Xperia XZ Premium merupakan smartphone pertama yang diumumkan dengan layar 4K High Dynamic Range (2.160 x 3.840 HDR). Layarnya sendiri berbentang 5,5 inci.

Teknologi layar itu mulai banyak diaplikasikan di perangkat televisi. Dengan resolusi tinggi tersebut, warna yang ditampilkan dijanjikan akan semakin kaya berkat teknologi HDR).

Sony menggunakan teknologi Triluminos bikinan sendiri untuk layar tersebut. Pabrikan Jepang itu menyatakan bakal menghadirkan konten 4K HDR melalui layanan Amazon Prime Video di Xperia XZ Premium.

"(Layar) Ini merupakan 4K HDR pertama di smartphone. Nikmati layar yang luar biasa di genggaman tangan Anda," tutur Totoki.

Selain itu, Xperia XZ Premium juga menjadi yang pertama menggunakan konsep memori kamera yang di-stack dalam perangkat. Dengan teknologi ini, Sony mengklaim sebagai yang pertama mampu merekam video super lambt 960 fps di resolusi 720p menggunakan Xperia XZ Premium.

Kamera utama Xperia XZ Premium memiliki sensor 19 megapiksel. Sensor tersebut berukuran 1/2,3 inci. Di bagian depan, terdapat kamera 13 megapiksel dengan ukuran sensir 1/3,06 inci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.