Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smartphone" Moto Z Bisa Jadi Konsol Game Saku

Kompas.com - 28/02/2017, 07:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Motorola mengumumkan keberadaan sejumlah aksesori Mod baru untuk smartphone modular Moto Z. Salah satu yang menarik adalah Mod gamepad yang bakal mengubah smartphone itu menjadi mirip konsol game saku, layaknya Nintendo DS.

Seperti diketahui, Moto Mod memang merupakan daya tarik utama smartphone Moto Z. Pasalnya, aksesori tambahan ini berguna untuk menyematkan fitur tertentu pada smartphone, misalnya speaker yang lebih nyaring, baterai lebih besar, atau mengubahnya menjadi proyektor.

Motorola sendiri baru mengumumkan sejumlah mod baru yang rencanya yang diluncurkan pada 2017 ini. Pengumuman itu dilakukan di sela-sela Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona.

Baca: Lenovo Janjikan 16 Aksesori Bongkar Pasang untuk Moto Z

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Autority, Selasa (28/2/2017), Motorola antara lain akan meluncurkan Moto Mod Amazon Alexa, Gamepad, Power Pack, dan Turbo Power.

Dari seluruh Mod tersebut, yang paling menarik adalah Gamepad. Sesuai dengan sebutannya, Mod ini memang berguna untuk mengubah smartphone Moto Z menjadi layaknya sebuah konsol game saku, yakni dengan menambahkan tombol A/B/X/Y, tombol di bagian tepi atas, dan tombol arah.

Gamepad ini juga memiliki speakse tersendiri dan baterai tambahan. Motorola berencana untuk meluncurkan Mod yang satu ini pada musim panas mendatang. Namun belum diumumkan berapa harganya.

Mod lainnya, yakni Amazon Alexa berguna untuk mengakses fitur asisten digital Alexa. Saat aktif, Alexa bisa dipakai untuk mengandalikan berbagai perangkat smart home, membantu memesan angkutan online dan banyak hal lainnya.

Motorola tidak mengungkap waktu peluncuran atau banderol harga Mod berisi asisten digital itu. Namun Motorola menambahkan bahwa saat ini mereka berencana untuk memasang Alexa ke ponsel buatan mereka di akhir 2017 ini.

Sedangkan dua Moto Mod terakhir, yakni Turbo Power dan Power Pack, berguna untuk meningkatkan kapasitas baterai Moto Z.

Turbo Power berguna untuk membuat baterai bisa hidup 8 jam hanya dengan pengisian daya selama 15 menit.

Power Pack dapat meningkatkan kapasitas baterai hingga 50 persen, tanpa membuat ponsel tersebut menjadi lebih tebal. Mod yang satu ini akan diluncurkan ke pasar pada Maret mendatang dengan harga 49 dollar AS atau setara Rp 650.000.

Beberapa konsep Moto Mod yang masih dalam angan-angan pun turut dipamerkan di MWC 2017 itu. Misalnya Mod untuk menambahkan headset VR pada Moto Z, Mod untuk mencetak foto, serta Mod yang bisa mengubah Moto Z menjadi sebuah tablet jumbo.

Baca: Hasselblad Ubah Android Moto Z Jadi Kamera Saku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com