Ramai di Medsos, Benarkah Wanita Ini Putri Raja Arab Saudi?

Kompas.com - 28/02/2017, 11:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia pada 1-9 Maret mendatang menimbulkan kehebohan di kalangan netizen Tanah Air.

Selain rombongan Raja Salman yang memang "heboh", melibatkan 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran yang dibawa dengan tujuh pesawat, ada kegaduhan lain terkait foto seorang wanita cantik.

Sebagian warga media sosial (netizen) di Indonesia mengklaim bahwa wanita dalam foto itu adalah putri Raja Arab Saudi. Topik ini kemudian menyebar luas di medsos. Banyak pengguna yang percaya begitu saja.

Namun, benarkah dia merupakan seorang "putri" dari Arab Saudi? KompasTekno mencoba menelusuri identitas sang wanita dalam foto dan menemukan bahwa dia sebenarnya bernama Ginni Kapoor dari India.

Penelusuran Google Image Search

Mesin pencari Google bisa dimanfaatkan untuk mengecek identitas orang dalam foto.

Caranya mudah saja. Gunakan Google Image Search di alamat images.google.com, klik ikon kamera di kolom search, lalu upload atau masukkan alamat URL gambar terkait. Selengkapnya bisa disimak dalam video tutorial di laman berikut.


Apabila menggunakan ekstensi untuk browser Chrome atau Firefox caranya lebih mudah lagi. Cukup klik kanan di konten gambar yang bersangkutan dan pilih opsi "Search Google for Image".

Algoritma mesin pencari Google pun seacaa otomatis akan mengenali subyek dalam foto, entah berupa lokasi atau dalam hal ini identitas orang, dan menampilkan hasil pencarian yang sesuai.

Dari sini bisa diketahui bahwa sang wanita cantik bukan "Putri dari Arab Saudi" seperti yang diklaim sebagian pengguna medsos Indonesia. Dia adalah Ginni Kapoor, seorang aktris dan model kelahiran Punjab, India, yang dikenal memiliki lesung pipit menawan.

Hasil pencarian Google Image Search turut menampilkan foto Kapoor dalam setting yang sama, tetapi dari angle berbeda, seperti bisa dilihat di bawah.

Lens Media Photography Dua contoh foto Ginni Kapoor dari angle berbeda.

Putri asli dari Arab Saudi

Lantas, apakah ini berarti Arab Saudi tak memiliki sosok putri? Tidak juga. Meski sempat salah dikaitkan dengan foto Ginni Kapoor, putri Ameera al-Taweel dari Arab Saudi benar-benar ada.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.