Kompas.com - 28/02/2017, 13:59 WIB
Qualcomm memamerkan teknologi jaringan terbaru Gigabit LTE menggunakan Xperia XZ Premium yang menggunakan Snapdragon 835, di Barcelona, Senin (27/2/2017). Deliusno/Kompas.comQualcomm memamerkan teknologi jaringan terbaru Gigabit LTE menggunakan Xperia XZ Premium yang menggunakan Snapdragon 835, di Barcelona, Senin (27/2/2017).
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

BARCELONA, KOMPAS.com - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama Qualcomm? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab, Qualcomm adalah produsen dari chipset Snapdragon.

Jawaban tersebut tidak salah. Namun, masih ada satu lagi spesialisasi dari perusahaan asal AS tersebut. Qualcomm juga merupakan perusahaan pengembang teknologi jaringan, seperti 3G dan 4G.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 yang sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Qualcomm memamerkan teknologi jaringan terbaru hasil pengembangannya. Teknologi tersebut disebut-sebut sebagai Gigabit LTE.

Menurut Qualcomm, sebuah perangkat yang sudah dibekali dengan teknologi Gigabit LTE, secara teori dapat merasakan internet dengan kecepatan hingga 1 Gbps.

Pamer teknologi tersebut dilakukan langsung di booth Qualcomm yang terletak di Hall 3 dengan nomor 3E10. Untuk mendemokan kecepatan yang bisa diraih, Qualcomm menggunakan smartphone terbaru Sony, Xperia XZ Premium.

Perangkat itu sendiri dipilih sebagai alat demo karena sudah dibekali dengan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 835. Chipset ini memang membawa teknologi Gigabit LTE. Menurut Qualcomm, ini juga merupakan komersil pertama yang hadir dengan teknologi tersebut.

Lantas, berapa kecepatan yang bisa diraih oleh Xperia XZ Premium? Dalam demo, kecepatan internet yang bisa didapat oleh perangkat tersebut mencapai 979 Mbps.

Deliusno/Kompas.com Xperia XZ Premium dalam pengujian kecepatan internet Gigabit LTE yang dikembangkan Qualcomm di Barcelona, Senin (27/2/2017).
Namun kecepatan memang tidak stabil di situ. Terkadang masih turun ke 973 Mbps. Meski begitu, kecepatan selalu terjaga di atas 900 Mbps.

"Kecepatan yang tersaji di layar monitor itu berasal dari Xperia XZ Premium itu," kata petugas booth Qualcomm, sambil menunjuk ke sebuah kotak berisikan smartphone baru Sony itu. Ia ingin menyatakan bahwa saat itu, Xperia XZ Premium sedang menyala dan kecepatannya nyata.

Seperti yang sudah disebut di atas, kemampuan Gigabit LTE dari Xperia XZ Premium berasal dari Snapdragon 835 yang terpasang di perangkat. Chipset tersebut sudah dibekali dengan modem X16.

Modem tersebut masih dibekali lagi dengan kemampuan downlink Cat 16 dengan data rate yang dijanjikan dapat mencapai 979 Mbps. Kecepatan internet tersebut bisa dimungkinkan karena X16 dilengkapi kemampuan 4x4 MIMO dengan 4 Carrier Aggregation 20 MHz.

Unjuk kemampuan itu sendiri dilakukan dengan menggunakan BTS khusus dari Ericsson yang terpasang di balik booth Qualcomm. Pengujian juga dilakukan di satu perangkat saja. Itu artinya, jika ada banyak perangkat yang terhubung ke BTS tersebut, kecepatan internet yang didapat mungkin tidak setinggi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.