Kompas.com - 28/02/2017, 18:14 WIB
Samsung Gear VR baru bersama motion controller pendamping. SamsungSamsung Gear VR baru bersama motion controller pendamping.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Menikmati alam maya virtual reality (VR) memang asyik. Lebih asyik lagi kalau ada sarana untuk berinteraksi dengan aneka obyek di dalamnya.

Itulah sebabnya Samsung memperkenalkan headset Gear VR baru dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Gear VR versi anyar ini kini dilengkapi dengan perangkat pendamping berupa motion controller yang dipakai dengan cara digenggam.

Baca: Masuk Indonesia, Samsung Gear VR Dijual Rp 1,5 Juta
 
Di bagian tengah pengontrol Gear VR terdapat sebuah touchpad berbentuk bundar untuk keperluan navigasi, misalnya untuk menjelajah menu video.

Controller juga bisa dipakai untuk melakukan sejumlah action saat bermain game VR, seperti menyeleksi obyek virtual serta membidik dan menembakkan senjata.

Ada juga tombol home, volume, dan back sehingga pengguna bisa menjelajah aneka konten tanpa perlu keluar dari dunia VR, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (28/2/2017).

Unit controller Gear VR ditenagai dengan dua baterai ukuran AAA yang bisa bertahan selama 40 hari, dengan asumsi penggunaan dua jam per hari. Bobotnya hanya 64 gram.

Selain Gear VR versi baru, sang controller juga kompatibel dan bisa digunakan dengan Gear VR model sebelumnya lewat koneksi Bluetooth.

Lebih dari 70 game diklaim bakal segera meluncur untuk digunakan bersama headset Gear VR dan controller yang dikembangkan bersama Oculus ini.

Belum diketahui berapa harga Gear VR versi baru dan unit controller. Samsung baru akan mengungkapkan informasinya pada acara Unpack Galaxy S8, akhir Maret mendatang.

Baca: Ini Trik Samsung agar Gear VR Populer di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.