Qualcomm Bantah Isu Monopoli "Chipset" Snapdragon 835

Kompas.com - 01/03/2017, 08:26 WIB
Dibanding Snapdragon 820 (kiri), Snapdragon 835 yang dibuat dengan proses fabrikasi 10nm memiliki dimensi fisik lebih kecil. Uang logam di sebelah kanan adalah pecahan 1 sen AS dengan diameter 19,5mm. QualcommDibanding Snapdragon 820 (kiri), Snapdragon 835 yang dibuat dengan proses fabrikasi 10nm memiliki dimensi fisik lebih kecil. Uang logam di sebelah kanan adalah pecahan 1 sen AS dengan diameter 19,5mm.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tersiar kabar terkait chipset terbaru bikinan Qualcomm, Snapdragon 835. Menurut kabar, Samsung memonopoli dengan cara memborong chipset terbaru itu agar vendor lain tidak kebagian. 

Dengan demikian, perangkat Galaxy S8 bakal menjadi smartphone pertama di pasaran yang mengusung chipset baru itu.

Samsung memang ikut terlibat dalam merancang Snapdragon 835, selain menjadi pelanggan Qualcomm seperti vendor lainnya. Oleh karena itu, Samsung bisa saja memborong Snapdragon 835 batch pertama tadi.

Di sela-sela ajang Mobile World Congress (MWC) 2017, jurnalis Kompas.com, Deliusno, mengonfirmasi kabar monopoli Snapdragon 835 oleh Samsung itu, langsung ke pihak Qualcomm. Vendor chipset asal AS itu pun menyanggah rumor tersebut.

Buktinya, kata Senior Director Global AP Product Marketing and Partner Marking Qualcomm Technologies, Mike Roberts, Sony bisa mengumumkan smartphone yang dibekali dengan Snapdragon 835. Perangkat tersebut adalah Xperia XZ Premium.

Baca: Sony Rilis Xperia XZ Premium dengan Snapdragon 835

Itu artinya, Qualcomm memiliki cukup stok untuk dibagikan kepada vendor smartphone lain, tidak hanya Samsung.

"ZTE juga sudah (mengumumkan produk dengan Snapdragon 835). Selain itu, ada juga kacamata augmented reality bikinan ODG yang menggunakan chipset itu," tutur Roberts.

Selain itu, masih menurut Qualcomm, sudah banyak perusahaan yang berencana untuk merilis perangkat dengan Snapdragon 835. Meski begitu, Qualcomm tidak menyebutkan secara pasti, berapa banyak perusahaan yang berencana menggunakan chipset tersebut.  

Lantas, mengapa di ajang MWC 2017, hanya Sony dan ZTE yang menyatakan bakal memakai Snapdragon 835? Bagaimana dengan vendor smartphone lain?

Menurut Qualcomm, hal tersebut bisa saja dikarenakan vendor lain sedang memikirkan waktu yang tepat untuk merilis smartphone dengan Snapdragon 835.

Produk berikutnya yang kemungkinan besar bakal mengusung chipset Snapdragon 835 adalah Galaxy S8 versi pasar AS. Produk itu sendiri akan diresmikan pada 29 Maret dan mulai dijual pada April 2017 mendatang.

Baca: Samsung Dirumorkan Borong Snapdragon 835, LG dan HTC Tak Kebagian?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X