Kompas.com - 01/03/2017, 12:29 WIB
CEO and President of AMD Lisa Su, dalam saat bicara dalam Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017) Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comCEO and President of AMD Lisa Su, dalam saat bicara dalam Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017)
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perilisan AMD Ryzen tampaknya berhasil membuat kompetitornya, yakni Intel, gelisah. Intel bahkan diketahui mulai menawarkan potongan harga untuk orang-orang yang ingin membeli prosesornya.

Prosesor Ryzen sendiri belum dijual di pasar. AMD baru sekadar membuka pemesanan dan berencana memulai penjualan Ryzen pada 2 Maret 2017 mendatang.

Namun sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechSpot, Rabu (1/3/2017), Intel langsung menanggapi peresmian Ryzen dengan potongan harga. Potongan harga tersebut diketahui dari sejumlah situs ritel online yang menawarkan prosesor Intel.

Salah satu situs ritel online yang menawarkan potongan harga adalah Microcenter. Potongan tersebut diberikan antara lain untuk prosesor Intel Core i7-7700K Kaby Lake 4,2 GHz, Core i5-7600K Kaby Lake 4,2 Ghz, dan Core i5-6600K Sky Lake 3,5 GHz.

Potongan yang diberikan pun bervariasi antara 30 dollar AS atau setara Rp 400.000 hingga 300 dollar atau setara Rp 4 juta. Selain Microcenter, situs ritel macam Amazon dan Newegg juga menawarkan potongan harga sejenis, namun dengan jumlah lebih kecil.

Sekadar diketahui, Ryzen merupakan prosesor terbaru AMD yang memiliki 8 core dan 16 thread, menjanjikan kinerja tinggi serta harga banderol murah. Saat ini AMD baru merilis Ryzen 7 yang terdiri dari tiga tipe, yakni 1800x, 1700x dan 1700.

Dari ketiganya, tipe tertinggi adalah 1800x yang dibanderol 499 dollar AS atau Rp 6,9 juta untuk pasar Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam Ryzen Tech Days yang diselenggarakan di San Francisco, CEO and President AMD Lisa Su memamerkan uji benchmark Ryzen 7 1800x berhasil mengalahkan prosesor Intel Core i7 6900K. Padahal prosesor yang dijadikan pembanding itu dibanderol di kisaran harga lebih tinggi, yakni 1000 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechSpot

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.