Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AWS Tumbang, Sejumlah Situs Web Tampil Tanpa Gambar

Kompas.com - 01/03/2017, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Berbeda dari Amazon.com yang merupakan situs belanja, Amazon Web Service (AWS) adalah penyedia layanan cloud storage sebagai tulang punggung internet yang banyak digunakan oleh aneka layanan populer, termasuk Netflix, Spotify, Pinterest, dan situs berita Buzzfeed.

Karena itulah layanan-layanan tersebut ikut tumbang ketika AWS mendadak offline pada Selasa kemarin, sekitar pukul 12.35 siang waktu timur Amerika Serikat.

Kejadian yang berlangsung selama lebih kurang 4 jam ini utamanya menimpa sistem Simple Storage Service (S3) yang seringkali digunakan oleh para pelanggan AWS untuk menyimpan file gambar.

Walhasil, layanan online seperti situs web milik para pelanggan AWS tersebut dilaporkan bermasalah dan tidak bisa menampilkan gambar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari USA Today, Rabu (1/3/2017).

Editor-in-chief The Verge, Nilay Patel, sempat mengeluhk di Twitter bahwa artitel di situsnya tayang tanpa gambar karena situs berita teknologi tersebut mengandalkan AWS.

Beberapa layanan online lain seperti Trello, Quora, IFTTT, dan Nest malah tumbang sama sekali.

Menurut data dari firma riset SimilarTech, sistem S3 AWS dipakai oleh lebih dari 140.000 situs online. "Ada tiga hingga empat triliun kepingan data di dalamnya," ujar analis cloud Forrester, Dave Bartoletti.

AWS baru kembali pulih sekitar pukul 16:49 waktu timur Amerika Serikat. Keterangan di situs AWS kini menyebutkan bahwa semua sistem sudah berjalan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com