Kompas.com - 01/03/2017, 13:14 WIB
Ilustrasi cloud computing istIlustrasi cloud computing
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Berbeda dari Amazon.com yang merupakan situs belanja, Amazon Web Service (AWS) adalah penyedia layanan cloud storage sebagai tulang punggung internet yang banyak digunakan oleh aneka layanan populer, termasuk Netflix, Spotify, Pinterest, dan situs berita Buzzfeed.

Karena itulah layanan-layanan tersebut ikut tumbang ketika AWS mendadak offline pada Selasa kemarin, sekitar pukul 12.35 siang waktu timur Amerika Serikat.

Kejadian yang berlangsung selama lebih kurang 4 jam ini utamanya menimpa sistem Simple Storage Service (S3) yang seringkali digunakan oleh para pelanggan AWS untuk menyimpan file gambar.

Walhasil, layanan online seperti situs web milik para pelanggan AWS tersebut dilaporkan bermasalah dan tidak bisa menampilkan gambar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari USA Today, Rabu (1/3/2017).

Editor-in-chief The Verge, Nilay Patel, sempat mengeluhk di Twitter bahwa artitel di situsnya tayang tanpa gambar karena situs berita teknologi tersebut mengandalkan AWS.

Beberapa layanan online lain seperti Trello, Quora, IFTTT, dan Nest malah tumbang sama sekali.

Menurut data dari firma riset SimilarTech, sistem S3 AWS dipakai oleh lebih dari 140.000 situs online. "Ada tiga hingga empat triliun kepingan data di dalamnya," ujar analis cloud Forrester, Dave Bartoletti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AWS baru kembali pulih sekitar pukul 16:49 waktu timur Amerika Serikat. Keterangan di situs AWS kini menyebutkan bahwa semua sistem sudah berjalan normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber USA Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.