Kompas.com - 01/03/2017, 16:47 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Teknologi "5x Dual-Camera Zoom" atau disebut juga "5x Lossless Zoom" menjanjikan tiga hal. Pertama, mampu mendekatkan jarak bidikan ke objek yang jauh (zoom) hingga lima kali tanpa pengurangan kualitas.

Kedua, tak seperti implementasi optical zoom lainnya, teknologi ini ramah tempat. Pengguna tak perlu khawatir 5x Lossless Zoom membuat smartphone menjadi tebal.

Ketiga, Oppo sesumbar bahwa kamera 5x Lossless Zoom tetap menjamin stabilitas pembidikan objek. Padahal, semakin jauh jarak zoom yang dipasang, biasanya stabilitas pembidikan terganggu sehingga sulit mengunci fokus dan hasilnya buram.

Untuk selengkapnya, berikut pengalaman KompasTekno menjajal kamera 5x Lossless Zoom langsung dari stand 3D31 milik Oppo di area MWC 2017, Barcelona, Spanyol, Selasa (28/2/2017).

Ponsel sebelah kiri adalah ponsel demo yang sudah disematkan teknologi 5x Lossless Zoom. Sementara itu, ponsel sebelah kanan adalah milik vendor lain yang sudah beredar saat ini dengan mengusung kemampuan optical zoom 2x.

Ditilik dari desain ponsel demo, terbukti bahwa teknologi 5x Lossless Zoom tak membutuhkan bodi tebal. Ketebalan ponsel demo lebih kurang sama dengan F1s, sehingga salah satu klaim Oppo bisa dibenarkan.

Ari Prasetyo/Kompas.com Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.

Selanjutnya, KompasTekno mencoba menjepret objek menggunakan kamera 5x Oppo dan kamera 2x vendor lain beberapa kali. Dimulai dari jepretan normal, zoom 1x, zoom 2x, hingga zoom 5x.

Foto yang dihasilkan kamera 5x Oppo tetap tajam pada penge-zoom-an optik maksimum lima kali. Selain itu, ketika hasilnya di-zoom lagi secara digital hingga 10 kali, tak terlihat garis objek yang memudar signifikan.

Baca: Smartphone Zoom 5x Oppo Diuji Banting 40.000 Kali

Berbeda dengan milik kamera 2x milik vendor lain. Ketika di-zoom 2x, hasilnya tampak bagus. Tapi, ketika dilakukan digital zoom hingga lima kali, terlihat jelas garis-garis objek yang memudar.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.