Kompas.com - 01/03/2017, 17:04 WIB
Situs Tokopedia menampilkan pemeritahuan sedang dalam perbaikan, Rabu (1/3/2017). Tokopedia.comSitus Tokopedia menampilkan pemeritahuan sedang dalam perbaikan, Rabu (1/3/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto


Update:
pada Rabu (1/3/2017) malam sekitar pukul 21.00 WIB, kedua situs sudah bisa diakses kembali.

KOMPAS.com — Hari Rabu (1/3/2017) sore sekitar pukul 16.00 WIB, layanan e-commerce Indonesia, Bukalapak, mendadak tidak bisa diakses, baik melalui situs web maupun aplikasi.

Pihak Bukalapak mengakui bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan.

"Halo, mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya. Saat ini website dalam perbaikan dan akan kembali normal segera :)," kicau pengelola akun Twitter Bukalapak di @Bukalapak_Care.

Setengah jam kemudian, sekitar pukul 16.30 WIB, masalah belum berhasil diatasi, dan Bukalapak kembali meminta maaf lewat Twitter.

Bukan hanya Bukalapak yang bermasalah. Dalam waktu hampir bersamaan, layanan e-commerce Tokopedia juga mengalami gangguan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Browser hanya menampilkan pesan error ketika KompasTekno coba mengarahkan ke alamat URL Tokopedia.com.

Tokopedia Pesan error yang ditampilkan aplikasi mobile Tokopedia saat mengalami gangguan dan tidak bisa diakses, Rabu (1/3/2017) sore.
Sementara itu, aplikasi mobile Tokopedia menampilkan pemberitahuan mengenai error yang tengah terjadi di sebuah kotak dalam tampilan antarmukanya.

"Mohon maaf, saat ini Tokopedia dan semua layanannya sedang mengalami gangguan," demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

KompasTekno sedang berupaya menghubungi pihak Tokopedia dan Bukalapak untuk meminta keterangan mengenai tumbangnya dua layanan e-commerce tersebut dalam waktu bersamaan.

Dugaan sementara, salah satu layanan server yang dipakai kedua e-commerce tersebut sedang "down".

Baca: Layanan Internet Biznet Alami Gangguan


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.