Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal Ganti Konektor Ciri Khas iPhone?

Kompas.com - 02/03/2017, 07:54 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple diprediksi bakal melakukan perubahan radikal pada iPhone generasi berikutnya, yakni iPhone 8. Konektor Lightning yang telah menjadi ciri khas iPhone dikabarkan bakal diganti dengan port USB-C.

“Apple akan melakukan pembaruan pada perangkatnya, termasuk soal memakai port USB-C untuk pengisian daya dan berbagai aksesoris lainnya. Port USB-C ini akan menggantikan port Lightning orisinil buatan Apple,” ujar seorang sumber dalam industri.

Sebagamana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Kamis (2/3/2017), Apple sendiri memang sudah mengadopsi USB-C di MacBook Pro keluaran 2016, namun belum pernah mengaplikasikannya di iPhone atau iPad.

Di sisi lain, USB-C sendiri seolah sudah menjadi standar baru dalam industri gadget. Pasalnya kini semakin banyak vendor smartphone yang merilis produknya dengan menggunakan port pengisian daya dan transfer data tipe baru ini.

Kemungkinan adopsi USB-C pada iPhone 8 sendiri masih belum jelas dan baru sekadar prediksi semata. Terutama bila mempertimbangkan bahwa selama ini Apple telah membangun ekosistem iPhone dengan berbasis port Lightning.

Tetapi jika prediksi itu tepat, pengguna bakal diuntungkan. Jika semua produsen smartphone, termasuk Apple, benar-benar memakai standar USB-C, maka konektivitas antar berbagai perangkat menjadi semakin mudah.

Sekadar diketahui, selain potensi adopsi USB-C, iPhone 8 nanti juga diprediksi bakal hadir dalam tiga ukuran berbeda dengan banderol harga mencapai 1.000 dollar AS, atau sekitar Rp 13 juta. Salah satunya adalah varian iPhone 8 yang memiliki layar OLED melengkung.

Baca: Bingung Bentuk iPhone 8, Apple Bikin 10 Prototipe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com