Kompas.com - 02/03/2017, 08:32 WIB
logo resmi 5G GSMArenalogo resmi 5G
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Setiap awal tahun, tepatnya di akhir Februari hingga awal Maret, pandangan masyarakat dunia biasanya selalu terarah ke kota Barcelona, Spanyol.

Pada masa tersebut, GSM Association, lembaga yang merepresentasikan operator mobile di seluruh dunia, secara rutin selalu menggelar ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC).

Di ajang ini, semua vendor besar di dunia teknologi mobile berkumpul. Acara ini dianggap menarik karena vendor smartphone biasanya memanfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan secara resmi smartphone andalan atau flagship terbarunya.

Meski menjadi mayoritas perhatian, gadget di ajang MWC sebenarnya bukanlah segalanya. Di ajang MWC, biasanya masyarakat dunia bisa melihat akan seperti apa dan ke arah mana teknologi jaringan berkembang.

Bagaimana dengan ajang MWC di tahun 2017 ini? Apa yang menjadi bahasan utama dari ajang tersebut?

Menurut pengamatan jurnalis Kompas.com, Deliusno, yang berada langsung di tempat acara, tahun ini para vendor berlomba-lomba memperkenalkan teknologi seluler internet superkencang generasi baru, 5G.

Seperti namanya, 5G merupakan jaringan mobile atau nirkabel generasi kelima. Ia merupakan penerus dari 4G, yang belum terlalu lama ini digelar di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pengembang dan pembuat standardisasi berharap agar kecepatan internet yang bisa dihasilkan oleh 5G mencapai 5 Gbps. Kecepatan internet terkencang yang bisa dihasilkan oleh 4G saat ini mencapai 1 Gbps.

Di Indonesia sendiri, menurut survei OpenSignal pada akhir 2016 lalu, kecepatan download sinyal 4G mencapai 8,79 Mbps.

Buat apa internet kencang-kencang?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.