Merasa Bersalah, Bos Yahoo Bagi-bagi Bonus ke Karyawan

Kompas.com - 02/03/2017, 14:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Menjelang akuisisi oleh operator seluler Verizon, Yahoo malah dilanda skandal bobolnya akun pengguna. Sejumlah peristiwa peretasan yang terjadi beberapa tahun lalu baru belakangan ini saja terungkap.

CEO Yahoo, Marissa Mayer, pun merasa bersalah dan ingin "bertanggung jawab" dengan caranya sendiri. Lewat sebuah posting di Tumbler, wanita berambut pirang itu mengatakan bakal menyerahkan bonus yang diterimanya dari perusahaan ke karyawan Yahoo.

"Saya memutuskan untuk menyerahkan bonus tahunan dan bonus ekuitas saya tahun ini untuk didistribusikan ke para pegawai perusahaan yang bekerja keras dan banyak berkontribusi," tulis Mayer.

Baca: Satu Miliar Akun Yahoo Bocor, Pengguna Tak Cukup Ganti Password

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/3/2017), selama lima tahun menjabat sebagai orang nomor satu di Yahoo, Mayer diketahui telah mendapat setidaknya 162 juta dollar AS (sekitar Rp 2,1 triliun) dalam bentuk gaji dan bonus saham.

Dia juga akan menerima kompensasi sebesar 55 juta dollar AS (Rp 734 miliar) apabila meninggalkan perusahaan pasca-akuisisi oleh Verizon. Jadi, keputusan Mayer menyerahkan bonusnya tahun ini kemungkinan akan melibatkan sejumlah besar uang.

Yahoo sendiri mengalami kejadian peretasan sebanyak dua kali tahun 2013 dan 2014. Data pribadi milik 1,5 miliar penggunanya pun dicuri oleh hacker. Terungkapnya kejadian itu segera menurunkan nilai Yahoo menjelang akuisisi.

Pihak Verizon, yang hendak meminang Yahoo dengan mahar 4,8 miliar dollar AS, kemudian dilaporkan menurunkan angkanya sebanyak 350 juta doliar AS setelah mengetahui tentang peretasan yang dimaksud.

Baca: Nilai Akuisisi Yahoo Didiskon Rp 4,6 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.