Kompas.com - 02/03/2017, 19:06 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates ReutersPendiri Microsoft, Bill Gates
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Sebagai orang terkaya di dunia, wajar jika banyak yang mengenal wajah Bill Gates. Namun, adakalanya dia ingin menyamar, membaur di depan publik agar tidak menarik perhatian.

Bagaimana cara Gates melakukan itu? Ternyata, mudah saja. Pria yang gemar berderma tersebut merasa cukup dengan mengenakan topi.

"Jumlah orang yang mengenali saya jauh berkurang kalau saya memakai topi. Kalaupun mengenali, mereka biasanya sadar kalau saya sedang tak ingin menarik perhatian," kata Gates menanggapi sebuah pertanyaan dalam sesi Ask Me Anything (AMA) Reddit, awal pekan ini.

Clive Brunskill/ Getty Images Bill Gates mengenakan topi saat menyaksikan pertandingan tenis di French Open 2009.
Gates memang rutin mengikuti ajang tanya jawab orang beken di Reddit itu. Tiap tahun sejak 2013, dia selalu hadir untuk menjawab rasa penasaran pengguna internet.

Meski demikian, Gates tidak merinci jenis topi apa persisnya yang dia pakai untuk membaur dengan publik.

Ada spekulasi bahwa Gates bakal mengenakan topi baseball sederhana, sesuai dengan gayanya yang simple.

Gates sendiri merasa penyamaran dengan topi tak selalu berhasil. Toh, kalaupun dikenali, dia merasa tak keberatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat mengenali saya, kebanyakan orang bersikap ramah sekali sehingga saya tak masalah dengan itu," katanya, seperti dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (28/2/2017).

Selain Gates, almarhum pendiri Apple, Steve Jobs, diketahui pernah mencoba menyamar dengan memakai topi saat diam-diam bertemu New York Times di sebuah restoran untuk interview. Ketika itu, dia dilaporkan memakai topi berbentuk lucu sehingga malah tampil mencolok. 

Baca: Peran Ibu di Balik Kesuksesan Bill Gates

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.