AMD Ryzen Bisa Dipakai dengan Windows 7

Kompas.com - 02/03/2017, 21:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Seperangkat lengkap komputer yang menggunakan prosesor Ryzen dipamerkan di Ryzen Tech Days, San Francisco, Selasa (21/2/2017)

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Prosesor baru AMD, Ryzen 7, dipastikan bisa dipakai untuk menjalankan sistem operasi Windows 7. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan prosesor tersebut saat peluncurannya.

Kendati bisa menjalankan Windows 7, AMD tidak memberikan jaminan bahwa segalanya bisa berjalan tanpa ada kekurangan tertentu. Pasalnya, sistem operasi tersebut sudah tergolong tua.

Robert Hallock dari Radeon Technology Group AMD mengatakan, ada sejumlah teknologi yang tidak terdapat di Windows 7, tetapi ada di Windows 10. Teknologi yang dimaksud, misalnya, soal application programming interface (API) Direct X12 dibutuhkan untuk menjalankan permainan di masa sekarang dan yang akan datang.

"Kita bisa pakai Windows 7, tapi kita tidak bisa jamin atau menyertifikasinya. Karena Windows 7 mendukung multi-core, mestinya tetap bisa dipakai, hanya saja akan ada keterbatasan yang bisa memengaruhi kinerja," ujar Hallock di sela Ryzen Tech Days, di San Francisco, Selasa (21/2/2017) lalu.

"Selain itu, game tertentu mungkin akan sulit atau bermasalah saat dimainkan di Windows 7. Misalnya disebabkan karena game yang akan dijalankan membutuhkan dukungan teknologi DirectX 12, sedangkan Windows 7 tak mendukung teknologi itu," imbuhnya.

Sebelumnya, AMD resmi meluncurkan Ryzen 7 dalam tiga tipe, yakni 1800x, 1700x, 1700. Ketiganya merupakan prosesor 8 core dengan 16 thread. AMD mulai dijual di seluruh negara pasar mereka pada 2 Maret 2017 ini.

Dari ketiga tipe tersebut, yang teratas adalah 1800x. Dalam sebuah pengujian benchmark yang dipamerkan CEO and President AMD, Lisa Su, Ryzen 7 1800x sanggup mengalahkan prosesor Intel Core i7 6900k yang harga banderolnya di kisaran 1.000 dollar AS atau Rp 13 juta.

Baca: AMD Ryzen 7 Dijual Maret, Berapa Harganya di Indonesia?

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorReska K. Nistanto
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X