Kompas.com - 03/03/2017, 07:04 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com -- Tahun lalu, Intel telah mengonfirmasi bahwa mereka membatalkan rencana membuat prosesor Atom baru untuk smartphone. Kendati demikian, tampaknya rencana itu tak sepenuhnya batal.

Pasalnya, Intel bekerja sama dengan Spreadtrum, sebuah perusahaan prosesor asal China, untuk menciptakan prosesor octa core yang bisa digunakan di smartphone. Perangkat dengan prosesor ini dijadwalkan meluncur tahun 2017 ini juga.

Kerja sama ini terindikasi dari smartphone yang dipamerkan dalam booth Intel di Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona. Pasalnya, smartphone tersebut menggunakan prosesor buatan Spreadtrum.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Jumat (3/2/2017), prosesor buatan Spreadtrum ini memiliki kode nama SC9861G-IA. Meski tidak mengutip nama jajaran prosesor Intel, keseluruhan prosesor SC9816G-IA itu dibuat berdasarkan desain mikroarsitektur Airmont

Sekadar diketahui, Airmont merupakan keluarga prosesor Intel Atom yang diperkenalkan pada 2015 silam. Sebagian besar desain mikroarsitektur Airmont mirip Silvermont, namun dengan tambahan sejumlah peningkatan.

Prosesor SC9816G-IA akan dikombinasikan dengan unit pemrosesan grafis PowerVR GT2700, yang sanggup menangani resolusi maksimal 2560x1440 piksel dan video 4K. Rencananya, prosesor ini akan mulai tersedia di pasar pada paruh kedua 2017.

Baca: Antisipasi AMD Ryzen, Intel Mulai Pangkas Harga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.