Kompas.com - 03/03/2017, 15:05 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

AVIGNON, KOMPAS.com - Saat memperkenalkan teknologi "5x Dual-Camera" atau "5x Lossless Zoom", Oppo memberikan demo penggunaannya haya untuk kamera belakang.

Keutamaan teknologi itu untuk melakukan perbesaran obyek foto hingga lima kali, tanpa pengurangan cahaya. ??Meski demikian, tak menutup kemungkinan pula teknologi anyar itu diterapkan pada kamera depan untuk selfie, namun untuk tujuan lain.

Hal ini diindikasikan Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, pada KompasTekno, Jumat (3/3/2017), di Avignon, Perancis. ??

Baca: Prinsip Kerja Teknologi Zoom 5x di Kamera Smartphone Oppo

"Kamera ini belum sempurna. Bisa saja diterapkan juga untuk selfie, tapi kami belum tahu karena masih terus dikembangkan oleh tim engineer Oppo," kata dia. ??

Bukan zoom tapi bokeh??

Jika diterapkan pada kamera depan, tentu bukan kemampuan zoom yang diutamakan. Pasalnya, ada kelebihan lain dari teknologi yang menggabungkan lensa wide-angle dan lensa telephoto berstruktur periskop itu. ??

"Efek bokeh (kedalaman bidang gambar), stabilitas, dan ketajaman gambarnya yang bisa diimplementasikan ke kamera depan," Aryo menuturkan. ??

Efek bokeh dikenal di dunia fotografi untuk menonjolkan obyek utama, dengan mengaburkan gambar latar (background). Saat dipakai untuk selfie, maka foto wajah akan lebih menonjol dengan latar belakang yang blur.

Struktur periskop selama ini sudah familiar diterapkan pada kamera profesional DSLR, tetapi baru pertama kali digodok untuk kamera smartphone. Dalam konteks ini, Oppo menerapkan struktur mirip kapal teropong kapal selam itu di lensa telephoto-nya untuk menangkap ketajaman gambar.

??Struktur periskop menyamping memungkinkan modul kamera tetap tipis sehingga tak menonjol keluar.

OIS pun dipasang pada lensa ini supaya lebih stabil. ?Hasilnya, foto diklaim 40 persen lebih stabil dengan kemampuan penguncian fokus objek yang mumpuni. Lensa telephoto juga menghasilkan efek bokeh yang apik.?

Baca: Kamera Periskop Oppo Bisa Gantikan Mirrorless?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.