Game di Android Bisa Dicoba Dulu Sebelum Dibeli

Kompas.com - 03/03/2017, 19:03 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sebentar lagi, pengguna Android tidak perlu bingung memilih game untuk diunduh. Pasalnya Google akan merilis fitur yang mengizinkan pengguna mencoba game terlebih dulu sebelum membelinya.

Google menamai fitur tersebut “Playables”. Mereka mengumumkan keberadaan fitur tersebut dalam acara Google Developer Conference 2017 dan berencana menerapkannya dalam waktu dekat.

Sebagaiman dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (3/3/2017), Playables sebenarnya sebuah iklan yang bisa digunakan para pengembang untuk memamerkan game buatan mereka.

Namun bentuknya bukanlah iklan biasa. Google sengaja membuat iklan ini dalam format game ukuran kecil (mini game) atau teaser yang dapat dipakai untuk menunjukkan alur permainan.

Karena dibuat sebagai mini game, maka pengguna bisa menjajal permainan tersebut hanya melalui iklan. Dan setelah mencoba, jika pengguna merasa cocok, dapat mumutuskan untuk membelinya.

Director of Product Management for Mobile Advertising Google, Sissie Hsiao mengatakan bahwa fitur Playables ini bakal memberi manfaat baik untuk para pengembang aplikasi. Sebabnya, pengguna yang telah mencoba dan memutuskan membeli, biasanya cenderung memainkan game dalam waktu yang lebih lama.

Keputusan membuat fitur uji coba game ini, menurut Hsiao, diambil seiring terjadinya perubahan dalam lansekap aplikasi mobile.

Menurutnya, para pemain saat ini cenderung mencari judul game tertentu secara spesifik. Karena itu, metode Playables dianggap bakal lebih bermanfaat ketimbang metode Google Play Store dulu.

Baca: Aplikasi, Game, Buku, dan Film Terbaik 2016 di Play Store Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.