Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara "Typo", Sebagian Internet Dunia Tumbang

Kompas.com - 04/03/2017, 17:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Awal pekan ini, sejumlah server Simple Storage Service (S3) milik AWS  (Amazon Web Services) mendadak offline. Sebagian layanan online yang bergantung pada jasa cloud dan data center AWS pun ikut bertumbangan.

Nama-nama beken yang terdampak antara lain Netflix, Spotify, Pinterest, Slack, dan Trello. Ada apa di balik kejadian yang berlangsung selama beberapa jam di Amerika Serikat itu?

Dalam sebuah nota pemberitahuan, AWS menerangkan sebabnya yang ternyata sederhana saja, yakni sebuah typo alias salah ketik sewaktu tim maintenance melakukan debugging pada billing system.

"Salah satu command salah dimasukkan sehingga jumlah server yang dimatikan lebih banyak dari seharusnya. Rangkaian server yang tak sengaja dimatikan itu menyokong dua subsistem S3 lain," tulis Amazon.

Akibatnya terjadi reaksi berantai karena aneka produk dan layanan yang terkait dengan server turut down. Rangkaian server tadi kemudian mesti di-restart. Proses inilah yang memakan waktu lama sehingga layanan S3 Amazon sempat offline berjam-jam.

Terlebih lagi, Menurut AWS sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (4/3/2017), rangkaian server dimaksud sudah "bertahun-tahun" tidak pernah di-restart.

"S3 mengalami pertumbuhan masif selama beberapa tahun terakhir. Proses me-restart layanan-layanan ini dan menjalankan prosedur keamanan untuk memastikan itegritas metadata makan waktu lebih lama dari yang diperkirakan," lanjut AWS.

Server S3 milik Amazon dipakai oleh pelanggan untuk menyimpan aneka file, termasuk file gambar. Selama kejadian berlangsung, sejumlah situs tetap bisa diakses tapi lamban saat dibuka. Beberapa bahkan tidak bisa menampilkan gambar.

AWS mulai offline pada Selasa (28/2/2017) laly sekitar pukul 12:35 siang, waktu timur Amerika Serikat. AWS baru kembali pulih sekitar pukul 16:49 sore waktu timur Amerika Serikat di hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com