Kompas.com - 05/03/2017, 11:58 WIB
Ilustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x. OppoIlustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x.
|
EditorOik Yusuf

NICE, KOMPAS.com - Smartphone buatan Oppo selama ini dikenal memiliki fitur mumpuni, namun "jeroannya" masih menggunakan MediaTek yang kadung dilabeli sebagian konsumen sebagai chipset kelas dua.

Seiring dengan citranya yang semakin kompetitif di industri smartphone, Oppo agaknya bakal mulai beralih ke prosesor Snapdragon buatan Qualcomm.

Setidaknya begitu yang terlihat pada prototipe ponsel untuk kamera "5x Dual-Camera Zoom" yang dipamerkan Oppo di ajang MWC 2016, di Barcelona, Spanyol, beberapa saat lalu.

Diperkirakan perangkat tersebut menggunakan 14-bit Qualcomm Spectra Image Signal Processor (ISP) yang biasa terdapat dalam seri Snapdragon 8xx.

Saat dikonfirmasi, Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, tak memberi jawaban yang pasti. Ia hanya menjelaskan bahwa teknologi rumit semacam 5x Dual-Camera Zoom semestinya disokong chipset yang mumpuni.

Fatimah Kartini Bohang/ KOMPAS.com Prototipe ponsel Oppo dengan kamera periskop Zoom 5x.
"Teknologi ini patut menggunakan ISP chip yang baik," kata dia, Jumat (3/4/2017) di Nice, Perancis.

Diketahui, teknologi 5x Dual-Camera Zoom menggabungkan hasil kerja lensa wide-angle dan lensa telephoto untuk memungkinkan zooming hingga lima kali  tanpa pengurangan kualitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lensa telephoto pada modul kamera berstruktur periskop menyamping sehingga tetap tipis jika disematkan pada ponsel. Penstabil gambarnya (image stabilizer) pun diklaim 40 persen lebih mumpuni ketimbang solusi serupa yang beredar di pasaran saat ini.

Belum jelas kapan teknologi ini akan benar-benar diimplementasikan sebagai produk. Oppo berdalih teknologi ini masih terus dikembangkan agar mampu memberikan hasil yang maksimal ketika dikomersilkan.

Meski demikian, teknologi ini bukan cuma angan belaka sebab prototipe ponselnya sudah ada. Aryo pun mengatakan bahwa pabrik Oppo Indonesia di Banten, Tangerang, sudah siap memproduksi perangkat dengan teknologi kamera berstruktur periskop.

"Kami tinggal tunggu arahan dari pusat," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.