Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Mulai Beri Peringatan di Berita "Hoax"

Kompas.com - 05/03/2017, 13:35 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Sesuai janjinya pada akhir tahun lalu, bulan ini Facebook dilaporkan memulai langkah-langkah untuk memerangi peredaran berita palsu alias hoax dengan memberi label khusus.

Label berbunyi "disputed" (kebenarannya disangsikan) itu disematkan di-posting secara individual, bukan di akun pengunggah secara keseluruhan.

Baca: 7 Jurus Facebook Perangi Berita "Hoax"

Contoh label disputed di posting yang kebenaran kontennya diragukan. Dalam contoh ini, Seattle Tribune memang bukan media sungguhan, melainkan pengunggah konten satir untuk keperluan hiburan.Gizmodo/ Facebook Contoh label disputed di posting yang kebenaran kontennya diragukan. Dalam contoh ini, Seattle Tribune memang bukan media sungguhan, melainkan pengunggah konten satir untuk keperluan hiburan.
Isi konten dinilai kebenarannya oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Facebook sebagai pemeriksa fakta. Dalam contoh di samping yang dilansir oleh Gizmodo, pemeriksa dimaksud adalah Snopes dan Politifact.

Para pemeriksa fakta ini bergabung di bawah organisasi jurnalis non-profit, Poynter. Total anggotanya ada 42, namun Facebook baru aktif menggunakan jasa dari 4 di antaranya, yakni Snopes, Factcheck.org, ABC News, dan PolitiFact.

Sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Minggu (5/3/2017), tahun lalu, Facebook menjelaskan bahwa informasi keberadaan konten palsu diperoleh lewat laporan pengguna atau penyisiran algoritma khusus untuk mengendus hoax.

Laporan dugaan hoax ini kemudian diteruskan ke para pemeriksa fakta untuk dicek kebenarannya. Apabila setidaknya dua pemeriksa fakta sependapat bahwa konten bersangkutan merupakan hoax, label "disputed" pun akan disematkan.

Baca: Algoritma Baru Facebook Bisa "Tenggelamkan" Berita "Hoax"

Meski bisa memberi peringatan pada pengguna Facebook saat menjumpai hoax, penerapan sistem label ini masih belum sepenuhnya ideal.

Penjelasan Facebook mengenai label disputed di posting yang kebenaran kontennya diragukan.Gizmodo/ Facebook Penjelasan Facebook mengenai label disputed di posting yang kebenaran kontennya diragukan.

Posting yang telah dilabeli tetap beredar, sementara isi label sendiri hanya menyebutkan bahwa kebenaran isinya "diragukan", bukan dengan tegas menyatakan bahwa konten tersebut merupakan berita palsu atau hoax.

Saat ini pelabelan konten yang diduga hoax baru tersedia secara terbatas. Belum diketahui kapan fitur itu bakal bisa diterapkan di seantero Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com