Kompas.com - 05/03/2017, 15:38 WIB
|
EditorOik Yusuf

BARCELONA, KOMPAS.com - Teknologi kamera smartphone "5x Dual-Camera Zoom" atau "5x Lossless Zoom" yang diperkenalkan Oppo pada ajang MWC 2017 beberapa saat lalu banjir pujian dari para pengamat teknologi.

Beberapa media asing pun menobatkannya sebagai inovasi terbaik di ajang mobile terbesar yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Pujian antara lain datang dari Android Authority, Ubergizmo, Stuff, dan Wired.

Mereka menyoroti keunggulan teknologi 5x Dual-Camera Zoom yang memungkinkan kamera smartphone melakukan optical zoom hingga lima kali tanpa pengurangan kualitas.

"Mau lensa zoom tapi tanpa tonjolan lensa yang tebal di belakang ponsel? Tentu saja! Ini sangat unik di dunia smartphone. Ketajaman gambarnya hampir mirip dengan kamera DSLR," begitu penilaian editorial dari Stuff.

Oppo sejatinya menjadi salah satu vendor yang terlambat mengimplementasikan kamera ganda alias dual-camera untuk smartphone.

Teknologi tersebut sudah ramai sejak tahun lalu, terutama ketika Apple memboyongnya pada iPhone 7 Plus yang mengusung optical zoom hingga dua kali.

Namun, ada keunggulan lain dari teknologi 5x Dual-Camera Zoom Oppo. Kamera ganda yang menggabungkan lensa wide-angle dan telephoto itu digadang-gadang mampu menyamai fungsi kamera digital sungguhan dengan lensa zoom.

Oppo Ilustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x.
"Ini benar-benar teknologi yang revolusioner," kata Director Hardware Oppo, King Bai.

Selain mengakomodir optical zoom hingga lima kali, teknologi 5x Dual-Camera Zoom milik Oppo juga dijamin tak bakal bikin ponsel tebal. Pasalnya, Oppo mengimplementasikan struktur periskop menyamping pada unit lensa telephoto.

Dengan begitu, modul kamera tak akan menonjol ke depan melainkan menyamping dan tersemat di sisi dalam ponsel. Modul kamera ini bahkan diklaim 10 persen lebih tipis daripada modul kamera untuk optical zoom 2x yang sekarang beredar di pasaran.

Keunggulan berikutnya dari teknologi kamera smartphone teranyar Oppo adalah penstabil gambar (optical image stabilizer, OIS) yang mumpuni. Sebab, Oppo menyematkan OIS pada  struktur kamera periskop yang dikatakan mampu membuat kamera mengunci fokus lebih cepat dan anti buram.

Dengan tiga keunggulan tersebut, sejumlah pihak pun memandang bahwa teknologi 5x Dual-Camera Oppo merupakan salah satu inovasi revolusioner atau terbaik di MWC 2017. Kini yang ditunggu adalah realisasi teknologi itu pada sebuah smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.