Facebook Uji Coba Tombol “Jempol ke Bawah"

Kompas.com - 06/03/2017, 10:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Usai menerapkan tombol “like” dan emoji “reactions” untuk posting di jejaring sosial utamanya, Facebook sedang mempertimbangkan untuk memboyong fitur serupa ke Messenger. Hal ini diketahui dari uji coba yang dilakukan oleh Facebook di layanan chatting tersebut.

Bedanya, like dan reactions (emoji marah, sedih, gembira, dan lain-lain) bukan diimbuhi di posting, melainkan pesan chat yang dikirim lawan bicara.

Dalam uji coba, sebuah tombol khusus akan muncul di samping pesan terkirim. Pengguna lantas bisa memilih tombol berbentuk wajah ini untuk memberi reaksi terhadap pesan dari lawan bicara.

Perbedaan lainnya, Facebook kini menampikan tombol "dislike", yang dilambangkan dengan ikon jempol ke bawah.

Yang menarik, tombol “dislike” sebenarnya sudah sering diminta oleh pengguna, tapi tak pernah diwujudkan oleh Facebook karena khawatir bakal menimbulkan atmosfer yang “terlalu negatif”.

Di Messenger, agaknya Facebook merasa aman untuk menambah tombol dislike.

TechCrunch Penampilan tombol reactions serta like dan dislike dalam antarmuka chatting Messsenger.

“Kami selalu mencoba cara-cara baru untuk membuat Messenger lebih menyenangkan dan engaging,” sebut Facebook kepada Tech Crunch, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (6/3/2017).

“Ini pengujian kecil di mana pengguna bisa mambagi emoji yang mewakili perasaan mereka terhadap sebuah pesan,” lanjut jejaring sosial itu memberi konfirmasi.

Layaknya pengujian lain yang dliakukan oleh Facebook, fitur di atas baru tersedia untuk lingkup pengguna secara terbatas.

Belum jelas kapan pengguna Messenger selebihnya akan bisa membubuhi like, dislike, atau reactions pada pesan-pesan.

Baca: Mengenal Pangeran Arab Saudi Nyentrik yang Pernah Bekerja di Facebook

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.