Status Pembelian Belum Pasti, A400M Dipajang Airbus di Jakarta

Kompas.com - 06/03/2017, 16:57 WIB
Pesawat angkut A400M milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force), didatangkan Airbus ke Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (6/3/2017). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comPesawat angkut A400M milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force), didatangkan Airbus ke Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (6/3/2017).
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di tengah isu penandatanganan perjanjian pembelian lima unit A400M oleh TNI AU, Airbus mendatangkan pesawat angkut militer kelas sedang itu ke Indonesia, tepatnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (6/3/2017).

Adapun A400M yang didatangkan Airbus adalah kepunyaan Angkatan Udara Kerajaan Inggris ( Royal Air Force). Pesawat ini sedang melakukan tur ke berbagai negara di dunia untuk mengenalkan A400M.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan lagi tentang A400M ini," kata Head of Airbus Asia-Pacific Pierre Jaffre saat memberi sambutan.

Sebelumnya, Airbus juga pernah membawa prototipe A400M ini ke Indonesia pada 2012 lalu. Tur kali ini untuk memberikan update kemajuan program A400M.

"Program A400M kami kini sudah stabil, terbukti pada 2016 lalu kami sudah mengirim 40 pesawat (ke berbagai konsumen), dan kini kami sedang meningkatkan kemampuan taktisnya," ujar Pierre.

Sementara Simon Boyle, selaku Komandan Skuadron A400M AU Inggris yang juga terlibat dalam program pengembangan A400M, mengatakan bahwa membawa pesawat itu ke Jakarta memiliki arti penting bagi RAF.

"Kami bisa berbicara langsung dengan (calon) rekanan penting kami, sekaligus kami menguji dan mengevaluasi pesawat ini dengan terbang keliling dunia," kata Boyle di kesempatan yang sama.

A400M yang dibawa AU Inggris tur keliling dunia disebutnya telah menyeberangi Samudera Atlantik dan Pasifik. "Ini menjadi transportasi udara andalan yang dibutuhkan RAF," imbuh Boyle.

Status pembelian belum jelas

Kehadiran A400M ke Indonesia seolah menegaskan keseriusan Airbus menawarkan pesawat ini ke pemerintah Indonesia.

Bahkan sebelumnya, dikutip KompasTekno dari situs Janes, pemerintah Indonesia pada Januari lalu dikabarkan telah sepakat membeli 5 unit A400M senilai 2 miliar dollar AS atau setara Rp 26 triliun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X