Kompas.com - 06/03/2017, 18:45 WIB
ilustrasi inernet 5G mobilegeeksilustrasi inernet 5G
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Qualcomm bersama dengan beberapa operator seluler dan perusahaan teknologi lain, berupaya menggelar teknologi internet 5G menjadi lebih cepat. Awalnya, teknologi seluler ini diperkirakan baru akan hadir pada tahun 2020. Namun Qualcomm ingin menggelarnya pada 2019.

Perusahaan-perusahaan lain yang dimaksud terdiri dari AT&T, NTT Docomo, SK Telecom, Vodafone, Ericsoon, British Telecom, Telstra, Korea Telecom, Intel, LG Uplus, KDDI, LG Electronics, Telia Company, Swisscom, TIM, Etisalat Group, Huawei, Sprint, Vivo, ZTE, dan Deutsche Telekom.  

Vice President Engineering Qualcomm, John Smee menceritakan, Qualcomm dan perusahaan lain bakal mengajukan jadwal baru kehadiran 5G ke 3GPP, organisasi global yang mengurusi teknologi seluler, pekan ini juga.

"Jika disetujui, uji coba massal 5G bisa dimulai pada tahun 2018 mendatang," kata Smee kepada KompasTekno di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017.

Country Manager Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong menambahkan, uji coba tersebut bisa saja dimulai pada salah satu ajang olahraga terbesar tahun depan.

"Uji coba bisa dimulai pada saat Winter Olympic 2018 di Korea Selatan," tutur Shannedy di tempat terpisah.

Jika sukses, masyarakat dunia sudah bisa merasakan internet cepat tersebut pada 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meski begitu, 5G ini baru bisa digelar di negara yang infrastrukturnya siap," katanya lagi.

Standarisasi 5G sendiri sebenarnya belum ditetapkan. Meski begitu, Qualcomm beserta perusahaan lain bakal mengajukan teknologi yang disebut 5G New Radio (NR) sebagai standar global.

Koneksi yang menggunakan sistem prototipe sub-6 GHz 5G NR dari Qualcomm mampu beroperasi di spektrum mid-band 3,3 hingga 5,0 GHz.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.