Di Majalah Dewasa, Bill Gates Pernah Ramalkan Kelahiran Netfllix

Kompas.com - 07/03/2017, 08:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Netflix dan Facebook adalah dua layanan online populer yang baru lahir pada abad ke-21. Siapa sangka ternyata kelahiran mereka sudah diprediksi jauh sebelumnya oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, pada 1994.

Kala itu, dalam sebuah wawancara dengan majalah dewasa, Gates menerangkan aneka macam kemungkinan yang bisa dihadirkan oleh jaringan internet. Pada medio 1990-an, internet memang masih “barang baru” untuk sebagian besar masyarakat dunia.

“Andaikata Anda ingin nonton film. Untuk memilih, Anda pasti ingin tahu film apa yang disukai orang lain, juga berbagi pendapat Anda sendiri tentang film yang sudah ditonton,” ujar Gates.

“Informasi macam ini bisa didapatkan (di internet). Lalu Anda bisa memilih dan menonton video secara on-demand. Setelah itu, Anda bisa menulis (review) tentang film tersebut,” ujar Gates, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (7/3/2017).

Apa yang diucapkannya mungkin masih sulit dibayangkan tahun 1994, kala majalah Time bahkan merasa perlu menerbitkan buku “Cara Menggunakan Internet” untuk menjelaskan barang baru yang ajaib itu.

Tapi, bertahun-tahun setelah ucapan Gates, layanan video on-demand benar-benar mewujud dan kini sudah jadi bagian sehari-hari dari kehidupan para pengguna internet.

Selain itu, Gates juga membayangkan bahwa internet akan menyatukan orang-orang dari seluruh dunia dengan menghapus batasan fisik dan jarak.

“Anda sekarang mungkin terkait ke komunitas fisik di sekitar. Namun di lingkungan baru (internet), karena cara informasi disimpan dan diakses, lingkup komunitas itu bakal melebar,” ujarnya. Konsep "menembus jarak" itu kemudian menjadi dasar jejaring sosial semacam Facebook.

Baca: Begini Cara Bill Gates Menyamar Saat Jalan-jalan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.