Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Lewati Angka 500 Juta "Download"

Kompas.com - 07/03/2017, 11:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Popularitas aplikasi ephemeral messaging Snapchat makin menanjak. Di toko Google Play Store, software besutan Snap Inc. itu tercatat sudah mengumpulkan angka unduhan hingga 500 juta.

Milestone tersebut diketahui tercapai menjelang akhir minggu lalu. Jumlah instalasi di Google Play untuk Snapchat kini menunjukkan kisaran 500 juta hingga 1 miliar.

Memang, angka persisnya tak diketahui. Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (7/3/2017), counter tersebut setidaknya bisa memastikan bahwa angka unduhan Snapchat memang sudah menembus jumlah dimaksud.

Meski demikian, menurut pihak Snap Inc. sendiri, popularitas Snapchat masih lebih tinggi di platform iOS (iPhone) ketimbang Android. Sebab itulah tim Snap Inc. lebih mendahulukan pengembangkan Snapchat untuk iPhone.

Google Angka unduhan Snapchat di Google Play Store sudah menembus kisaran 500 juta.
“Kami memprioritaskan pengembangkan produk untuk sistem operasi iOS, dibanding perangkat yang menjalankan sistem operasi Android,” sebut Snap Inc. dalam dokumen S-1 yang diajukan menjelang pelepasan saham perdana (IPO) beberapa waktu lalu.

Hal ini berujung pada perbedaan aplikasi Snapchat antar kedua platform. Kualitas tangkapan video Snapchat di Android, misalnya, diketahui tidak sebagus versi iOS. Snap Inc. mengakui pihaknya perlu meningkatkan kualitas aplikasi untuk Android.

“Kalau kami tak bisa meningkatkan produk di smartphone Android, lalu smartphone (Android) itu jadi lebih populer dibanding iOS, bisnis kami bisa merugi,” tutur Snap.

Snap Inc. resmi melakukan IPO pada pekan lalu dan berhasil meraup valuasi hingga 33 miliar dollar AS pada hari pertama perdagangan saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com