TULISAN KHAS

Vlog Jokowi dan Hasrat Kekinian...

Kompas.com - 07/03/2017, 16:00 WIB
Presiden Joko Widodo mengabadikan vlog bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud saat santap makan siang di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017). Facebook Presiden Joko WidodoPresiden Joko Widodo mengabadikan vlog bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud saat santap makan siang di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).
|
EditorAmir Sodikin

KOMPAS.com – Para pemimpin negara cenderung dibayangkan sebagai sosok serba sibuk dan formal. Padahal, mereka juga manusia biasa. Teknologi dan tren kekinian pun bukan mustahil menjamah keseharian mereka.

Kadang-kadang, para pemimpin ini juga butuh tampil eksis pun narsis bila perlu. Di sela semua yang terlihat serba padat agenda dan kaku, tetap ada saja sisi humanis, bahkan bisa tengil.

Sedikit gagap teknologi (gaptek) karena faktor “u” laiknya frasa becandaan “generasi memang enggak bohong” tetap tak dipungkiri ada, tetapi mereka lumayan apdet lah.

Sebaliknya, ada juga Kemungkinan lain soal tren kekinian. Para pemimpin ini bisa jadi sedang “apes” saja tersorot kamera saat tengah jadi manusia biasa tanpa embel-embel pangkat.

Beragam cerita dari para pemimpin dunia semacam ini terus bermunculan terutama dalam satu dekade terakhir. Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Indonesia dan negara-negara lain di Asia pun menyisipkan sisi lain semacam itu.

Siapa sangka, misalnya, Presiden Joko Widodo kepikiran bikin video blog ( vlog) berdua dengan Raja Salman? Jokowi—sapaan yang kadung melekat sebagai penyebutan bagi Presiden Joko Widodo—membuat vlog di sela makan siang bersama Sang Tamu.

Vlog bersama Raja Salman itu pun bukan karya “kekinian” perdana Jokowi. Vlog perdananya tayang sekitar sebulan lebih awal, yaitu di akun Facebook milik Presiden. Sesudahnya, ada juga edisi vlog Jokowi saat makan bakso.

Masih dari rangkaian perjalanan Raja Salman, PM Malaysia Najib Razak sempat pula meminta berfoto selfie berdua di dalam mobil. Foto ini kemudian diunggah di akun Twitter milik Najib.

Sebelumnya, foto-foto Presiden Barack Obama—Presiden Amerika Serikat sebelum Donald Trump—sempat menghangatkan dunia maya dengan aneka adegan manusiawinya.

Sebut saja saat dia rebah di karpet kantornya sembari mengangkat tinggi-tinggi seorang bocah di atasnya.

White House/Pete Souza via Business Insider Presiden Barack Obama tengah bercengkerama dengan anak di ruang Oval, Gedung Putih. Gambar diambil pada 30 Oktober 2015

Obama juga pernah ramai menjadi perbincangan saat kedapatan membuat foto selfie bersama para pemimpin negara atau istri mereka di acara pemakaman Nelson Mandela.

Selain tampilan formal kenegaraan, foto Obama dalam beragam adegan yang tak jaim itu mengundang banyak perhatian. Tulisan panjang mengenai foto-foto Obama ini, antara lain tayang di Busines Insider edisi 14 November 2016.

Kilas balik dan hasrat

Melesatnya teknologi ponsel pintar tak bisa dimungkiri mendongkrak minat orang semakin banyak memotret dan membuat video. Cukup bermodal gadget di genggaman, semua itu bisa dibuat. Selfie dan vlog tentu saja jadi bagiannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X