Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional

Kompas.com - 08/03/2017, 07:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day jatuh pada hari ini, 8 Maret. Untuk merayakannya, Google menyiapkan sebuah doodle khusus yang ditampilkan di laman utama mesin pencari seperti biasa.

Doodle dimaksud berupa slideshow gambar kartun mengenai sejumlah tokoh perempuan dunia yang terkenal dengan karyanya.

Tiap slide menunjukkan sang tokoh sedang menggeluti profesinya dengan didampingi seorang anak perempuan. Seolah ingin membimbing si anak agar kelak bisa melakukan pencapaian serupa.

Ada 13 tokoh perempuan dari berbagai bidang yang diketengahkan oleh Google lewat coretan doodle besutannya di International Women’s Day, mulai dari pelukis, pengacara, aktris, penulis, hingga astronot.

Akhir slide akan menampilkan tombol search berupa kaca pembesar yang akan menampilkan laman pencarian berisi ke-13 tokoh perempuan tersebut di bagian paling atas, antara lain Ada Lovelace, Lotfia ElNadi, Lee Tai-young, dan Miriam Makeba.

Hari Perempuan Internasional sendiri memperingati perjuangan perempuan untuk memperoleh hak-haknya di masyarakat. Diwakili ke-13 tokoh, para perempuan sepanjang sejarah telah membuktikan diri bahwa mereka sama baiknya dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang.

International Women’s Day berakar dari sosialisme di Rusia dan kini dirayakan secara global di banyak negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com