Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2017, 11:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Ajang Mobile World Congress (MWC) selalu menghadirkan inovasi teranyar dari berbagai perusahaan teknologi. Beberapa di antaranya merupakan smartphone, wearable, smart home devices, smart car, hingga jaringan telekomunikasi.

Dari sekian inovasi yang dipamerkan, ada beberapa yang menjadi pusat perhatian alias "primadona" pada ajang MWC tahun ini di Barcelona, Spanyol. Berikut 10 yang dihimpun KompasTekno, Rabu (8/3/2017).

1. Mobil konsep Peugeot Instinct

Ini bukan kali pertama Peugeot memperkenalkan mobil konsep yang futuristik. Sebelumnya ada Proxima yang mirip seperti pesawat jet. Ada juga Asphalt yang bentuknya serupa roket.

Nah, di MWC 2017, Peugeot menghadirkan Instinct yang digadang-gadang lebih realistis dan akan digenjot realisasinya. Setidaknya begitu klaim Head of Concept Car and Advanced Design Peugeot, Matthias Hossann.

Instinct sejatinya adalah mobil otomatis yang mengusung konsep tanpa awak, alias self-driving car. Namun, pengguna bisa mengatur sejauh mana mobil itu dikontrol oleh perangkat pintar dan sejauh mana peran manusia dalam mengemudikannya.

Ada dua mode self-driving dan dua mode pengemudian aktif. Intinya, pengemudi akan lebih dinamis dan fleksibel karena banyak mode pengemudian yang ditawarkan. Mobil dipersenjatai dengan ekosistem IoT buatan Samsung.

Meski konsep ini dikatakan realistis dan realisasinya bisa lebih cepat, Peugeot belum memastikan kapan produknya akan dikomersilkan.

2. Oppo 5x Dual-Camera Zoom (Lossless Zoom)

Oppo Ilustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x.

Sama seperti tahun lalu, Oppo memilih meluncurkan inovasi teknologi teranyar -bukan produk smartphone- pada ajang MWC. Pabrikan China itu agaknya tak ingin mengikuti tren vendor lain.

Teknologi 5x Dual-Camera Zoom alias 5x Lossless Zoom ini sudah ramai diperbincangkan sejak beberapa minggu sebelum perilisannya. Teknologi itu menggabungkan lensa telephoto untuk menangkap ketajaman gambar, serta lensa wide-angle untuk mengambil gambar sudut lebar.

Hasil bidikan kedua lensa kemudian digabung untuk menghasilkan kemampuan optical zoom hingga lima kali tanpa menurunkan kualitas foto. Menggunakan struktur periskop menyamping pada lensa telephoto-nya, teknologi 5x Dual-Camera Zoom diklaim tak bakal bikin ponsel tebal dan stabilitas pembidikan tetap terjaga.

Belum jelas kapan teknologi ini akan direalisasikan. Yang jelas, menurut Oppo Indonesia, pabrik di Banten, Tangerang, sudah siap memproduksi smartphone dengan teknologi ini.

3. Samsung Galaxy Tab S3

Samsung tak melanjutkan tradisinya merilis seri Galaxy S teranyar di ajang MWC 2017. Pabrikan Korea Selatan itu malah meluncurkan tablet Galaxy Tab S3.

Ada dua keunggulan dari tablet berukuran 9,7 inci ini. Pertama, Galaxy Tab S3 dibekali speaker empat arah yang didesain oleh vendor audio AKG.

Selain itu, ada pula stylus S Pen dengan ketebalan ujung 0,7 mm dan memiliki 4.000 jenis tingkat tekanan berbeda. Pena stylus S Pen bisa digunakan untuk menulis catatan, menangkap layar (screenshot), hingga membuat animasi GIF dari video yang sedang diputar.

4. Nokia 3310

AFP PHOTO / JOSEP LAGO Seseorang memegang ponsel baru besutan HMD Global, Nokia 3310, pada hari pertama ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2017).

Nokia 3310 pernah menjadi ponsel "sejuta umat" di awal era 2000-an. Kiprah Nokia kemudian menurun seiring dengan banyaknya vendor ponsel yang bermunculan, namun seri 3310 tetap menjadi legenda.

Kini, dengan kembalinya Nokia ke industri smartphone dengan menggandeng HMD Global, 3310 versi modern pun diperkenalkan di ajang MWC 2017. Para pengamat teknologi dan mereka yang pernah merasakan kejayaan 3310 menyambut positif kehadiran feature phone tersebut.

Nokia 3310 versi baru ini memiliki desain yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Layarnya berukuran lebih besar, desainnya pun lebih melengkung. Meski begitu, Nokia 3310 reborn masih hadir dengan keypad numerik khas feature phone.

Baca: Menjajal Nokia 3310 Baru di Barcelona

Untuk menambah kesan klasik nan legendaris dari Nokia 3310, HMD Global membekali feature phone ini dengan game Snake. Kemampuan baterai yang tahan lama dalam Nokia 3310 sebelumnya pun masih dipertahankan, bahkan ditingkatkan kapasitasnya menjadi 1.200 mAh.

Pengguna dikatakan bisa melakukan panggilan hingga 22 jam nonstop dengan kapasitas baterai seperti itu.

Ponsel ini dijadwalkan tersedia pada kuartal kedua 2017 dengann harga sekitar Rp 700.000-an.

Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com