Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Phone Diramal Punah Empat Tahun Lagi

Kompas.com - 08/03/2017, 14:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Techtimes

KOMPAS.com - Windows Phone, sistem operasi hasil pengembangan Microsoft diramal bakal punah dalam waktu singkat. Kemungkinan sekitar empat tahun mendatang atau pada 2012, smartphone yang memakai sistem tersebut benar-benar akan hilang dari peredaran.

Ramalan tersebut dikeluarkan oleh lembaga riset pasar IDC. Berdasarkan perhitungan mereka, kepunahan tersebut akan tercapai ketika pangsa pasar Windows Phone sudah mencapai 0,0 persen.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechTimes, Rabu (8/3/2017), perhitungan IDC menyebutkan bahwa pada tahap pertama, Windows Phone akan mengalami penurunan pangsa pasar hingga mencapai 0,1 persen di tahun ini. Persentase itu setara dengan total 1,8 juta unit smartphone.

Setelah mencapai 0,1 persen, maka pangsa pasar tersebut pelan-pelan akan semakin berkurang. Pada satu titik, persentase itu akan mencapai 0 persen atau setara dengan total 800.000 unit Windows Phone yang tersisa.

IDC mengatakan penyebab punahnya sistem operasi buatan Microsoft itu karena perusahaan tidak memiliki cukup banyak rekanan produsen gadget. Di sisi lain, Microsoft juga tak berminat untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan lain dan tak berniat meluncurkan Windows Phone baru.

“Pangsa pasar Windows Phone akan terus berkurang seiring para original equipment manufacturer (OEM) berhenti membuat smartphone yang mengadopsinya. Akibatnya, IDC memperkirakan volume pada 2017 ini bakal turun 69,5 persen menjadi 1,8 juta unit saja,” tulis IDC dalam laporannya.

Sementara itu, Android dan iOS masih menjadi sistem operasi yang paling berjaya. Volume pemakaian sistem operasi Android diprediksi mengalami kenaikan, dari 1,3 miliar di 2017 akan menjadi 15 miliar di 2021.

Sedangkan iOS diprediksi menyusul di posisi kedua. Total pemakaian iOS mencapai 226 juta pada 2017 dan diprediksi bakal naik hingga mencapai 258 juta pada 2021 mendatang.

Baca: 2016: iPhone Menurun, Windows Phone Terjun Bebas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Techtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com