Nokia Siapkan "Smartphone" Penantang Galaxy S8

Kompas.com - 09/03/2017, 08:55 WIB
Nokia ReutersNokia
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Nokia belum comeback sepenuhnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu di Barcelona, Spanyol. Merek yang kini dimiliki oleh HMD Global itu hanya merilis dua smartphone kelas menengah dan satu feature phone klasik, Nokia 3310.

Kembalinya Nokia yang sesungguhnya dikabarkan bakal terjadi pada Juni mendatang, saat HMD Global merilis perangkat smartphone flagship Nokia 8. Perangkat yang satu ini bahkan digadang-gadang memiliki spesifikasi yang bisa bersaing dengan flagship Samsung, Galaxy S8.

Salah satunya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs MyDrivers, Kamis (9/3/2017), flagship Nokia itu akan mengusung chipset Snapdragon 835, chipset yang sama yang kabarnya bakal diusung oleh Galaxy S8.

Baca: Duo Android Nokia 3 dan Nokia 5 Diresmikan, Harga Rp 2 Jutaan

Selain itu, smartphone baru dari Nokia tersebut akan memiliki fitur kamera ganda, bodi berbahan logam, dan layar yang berukuran besar.

Meski layak dinanti, HMD Global diramal bakal kesulitan membuat nilai unik untuk flagship Nokia ini. Pasalnya, fitur kamera PureView khas Nokia tidak bisa dipakai. Microsoft masih memiliki paten kamera Nokia PureView yang terkenal andal di lini ponsel Lumia.

Hingga kini, belum jelas juga siapa yang bakal menjadi pemasok sensor dan lensa kamera di flagship Nokia ini.

Rumor lain yang beredar menyebut pula bahwa akan ada smartphone flagship Nokia 8 kedua yang ukuran layarnya sedikit lebih kecil, namun mengusung spesifikasi yang kurang lebih sama. Spesifikasi yang dimaksid antara lain chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB, dan kamera yang unggul.

Jika rumor tersebut benar adanya, maka duo flagship Nokia ini layak dinanti sebagai pesaing Galaxy S8 atau iPhone 8 yang juga mengikuti tren layar yang semakin besar.

Nokia sendiri dikabarkan bakal merilis flagship-nya pada akhir semester I 2017 ini atau sekitar bulan Juni.

Baca: Smartphone Unggulan Nokia Meluncur Juni?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber My Drivers

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.