Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Siapkan "Smartphone" Penantang Galaxy S8

Kompas.com - 09/03/2017, 08:55 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber My Drivers

KOMPAS.com - Nokia belum comeback sepenuhnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu di Barcelona, Spanyol. Merek yang kini dimiliki oleh HMD Global itu hanya merilis dua smartphone kelas menengah dan satu feature phone klasik, Nokia 3310.

Kembalinya Nokia yang sesungguhnya dikabarkan bakal terjadi pada Juni mendatang, saat HMD Global merilis perangkat smartphone flagship Nokia 8. Perangkat yang satu ini bahkan digadang-gadang memiliki spesifikasi yang bisa bersaing dengan flagship Samsung, Galaxy S8.

Salah satunya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs MyDrivers, Kamis (9/3/2017), flagship Nokia itu akan mengusung chipset Snapdragon 835, chipset yang sama yang kabarnya bakal diusung oleh Galaxy S8.

Baca: Duo Android Nokia 3 dan Nokia 5 Diresmikan, Harga Rp 2 Jutaan

Selain itu, smartphone baru dari Nokia tersebut akan memiliki fitur kamera ganda, bodi berbahan logam, dan layar yang berukuran besar.

Meski layak dinanti, HMD Global diramal bakal kesulitan membuat nilai unik untuk flagship Nokia ini. Pasalnya, fitur kamera PureView khas Nokia tidak bisa dipakai. Microsoft masih memiliki paten kamera Nokia PureView yang terkenal andal di lini ponsel Lumia.

Hingga kini, belum jelas juga siapa yang bakal menjadi pemasok sensor dan lensa kamera di flagship Nokia ini.

Rumor lain yang beredar menyebut pula bahwa akan ada smartphone flagship Nokia 8 kedua yang ukuran layarnya sedikit lebih kecil, namun mengusung spesifikasi yang kurang lebih sama. Spesifikasi yang dimaksid antara lain chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB, dan kamera yang unggul.

Jika rumor tersebut benar adanya, maka duo flagship Nokia ini layak dinanti sebagai pesaing Galaxy S8 atau iPhone 8 yang juga mengikuti tren layar yang semakin besar.

Nokia sendiri dikabarkan bakal merilis flagship-nya pada akhir semester I 2017 ini atau sekitar bulan Juni.

Baca: Smartphone Unggulan Nokia Meluncur Juni?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Drivers

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com