Kompas.com - 10/03/2017, 17:23 WIB
Ilustrasi Google Video Intelligence The VergeIlustrasi Google Video Intelligence
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google berhasil mengembangkan artificial intelligence (AI) yang sanggup mengidentifikasi objek, misalnya berupa anjing, di dalam sebuah video. Hal menariknya, identifikasi itu bisa dilakukan tanpa harus membubuhkan tag manual.

Chief Scientist of AI and Machine Learning Google, Fei-Fei Li menjelaskan persoalan AI tersebut dalam acara Google Next Cloud. Dia juga melakukan sebuah demo untuk menunjukkan kemampuan AI baru ini dalam membaca video.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (10/3/2017), dalam demo itu Google memainkan sebuah video iklan pendek dan menjalankan advance programming interface (API) bernama Video Intelligence untuk mengidentifikasi objek dalam video.

Hasilnya, API Google sanggup mengidentifikasi keberadaan seekor anjing dachshund ketika muncul dalam video. Selain itu, Google juga berhasil menyimpulkan bahwa video yang dimainkan merupakan iklan.

Dalam demo lainnya, Google menunjukkan hasil pencarian video memanfaatkan AI baru ini. Kata kunci yang dicari adalah  “beach” yang berarti pantai dalam Bahasa Indonesia. Hasilnya, mesin pencari berhasil menemukan berbagi video yang di dalamnya mengandung unsur pantai, lengkap dengan penanda waktu kemunculan pantai tersebut.

“Kami mulai menemukan titik cerah di kegelapan dunia digital ini,” komentar Li mengenai AI baru itu.

Sekadar diketahui, sebelum pengembangan AI baru tersebut, komputer tidak bisa mengidentifikasi sebuah video secaar langsung. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasi video adalah melalui tag yang dibubuhkan secara manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AI baru yang sanggup mengidentifikasi objek dalam video diharapkan bakal memicu kemajuan dalam berbagai aspek. Misalnya saja dengan cara menerapkannya di teknologi mobil otonomus, peralatan kesehatan, software analisa video, hingga filter kamera atau video ala Snapchat dan Google Photos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.