"Kecerdasan Buatan" Google Bisa Kenali Anjing di Video

Kompas.com - 10/03/2017, 17:23 WIB
The Verge Ilustrasi Google Video Intelligence

KOMPAS.com - Google berhasil mengembangkan artificial intelligence (AI) yang sanggup mengidentifikasi objek, misalnya berupa anjing, di dalam sebuah video. Hal menariknya, identifikasi itu bisa dilakukan tanpa harus membubuhkan tag manual.

Chief Scientist of AI and Machine Learning Google, Fei-Fei Li menjelaskan persoalan AI tersebut dalam acara Google Next Cloud. Dia juga melakukan sebuah demo untuk menunjukkan kemampuan AI baru ini dalam membaca video.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (10/3/2017), dalam demo itu Google memainkan sebuah video iklan pendek dan menjalankan advance programming interface (API) bernama Video Intelligence untuk mengidentifikasi objek dalam video.

Hasilnya, API Google sanggup mengidentifikasi keberadaan seekor anjing dachshund ketika muncul dalam video. Selain itu, Google juga berhasil menyimpulkan bahwa video yang dimainkan merupakan iklan.

Dalam demo lainnya, Google menunjukkan hasil pencarian video memanfaatkan AI baru ini. Kata kunci yang dicari adalah  “beach” yang berarti pantai dalam Bahasa Indonesia. Hasilnya, mesin pencari berhasil menemukan berbagi video yang di dalamnya mengandung unsur pantai, lengkap dengan penanda waktu kemunculan pantai tersebut.

“Kami mulai menemukan titik cerah di kegelapan dunia digital ini,” komentar Li mengenai AI baru itu.

Sekadar diketahui, sebelum pengembangan AI baru tersebut, komputer tidak bisa mengidentifikasi sebuah video secaar langsung. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasi video adalah melalui tag yang dibubuhkan secara manual.

AI baru yang sanggup mengidentifikasi objek dalam video diharapkan bakal memicu kemajuan dalam berbagai aspek. Misalnya saja dengan cara menerapkannya di teknologi mobil otonomus, peralatan kesehatan, software analisa video, hingga filter kamera atau video ala Snapchat dan Google Photos.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReska K. Nistanto
SumberThe Verge

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X