Kompas.com - 10/03/2017, 18:07 WIB
logo resmi 5G GSMArenalogo resmi 5G
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Rapat besar konsorsium 3rd Generation Partnership Project (3GPP), pembuat standar seluler global, di Dubrovnik, Kroasia, menetapkan keputusan penting. Konsorsium telah menyetujui untuk mempercepat roadmap pengujian dan penggunaan teknologi seluler 5G ke tahun 2019.

Sebelum penetapan itu, 3GPP menetapkan bahwa penyebaran internet 5G baru bisa dilakukan pada 2020.

Menurut Lorenzo Casaccia, Vice President of Technical Standards Qualcomm, penting untuk segera beralih ke generasi mobile berikutnya. Pasalnya, konsumsi data pengguna seluler semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Satu hal yang harus diingat, kehadiran 5G tersebut nantinya hanya digelar di negara yang sudah memiliki aturan dan infrastruktur yang siap. Belum diketahui, apakah Indonesia bakal ikut langsung menerapkan 5G pada 2019 atau tidak.

Pabrikan chipset mobile Qualcomm, dan nama-nama besar di dunia seluler, memang mendorong untuk percepatan 5G ini. Dorongan percepatan itu dilakukan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu di Barcelona, Spanyol.

Beberapa nama besar yang dimaksud, di antaranya seperti Ericsson, Intel, LG Uplus, Huawei, Vivo, ZTE, dan Korea Telecom. Nokia dan Verizon, dua nama besar yang awalnya tidak mendukung, akhirnya ikut meminta percepatan tersebut.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari PC World, Jumat (10/3/2017), lebih dari 40 perusahaan menyetujui rencana percepatan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara ini, teknologi standar 5G yang disetujui disebut sebagai Non-Standalone 5G New Radio (NR). Teknologi tersebut dikatakan mengizinkan developer untuk menciptakan alat dan software 5G yang bergantung kepada sinyal radio dan jaringan 4G. Standarisasi akhir dari 5G nantinya akan memiliki jaringan inti 5G.

Teknologi tersebut dikatakan sudah akan selesai di pertengahan tahun 2018 dan tersedia dalam software setahun setelahnya.

Meski begitu, konsorsium 3GPP sendiri masih belum memutuskan spesifikasi akhir untuk teknologi 5G.

Baca: Era Internet 5G Bakal Hadir Lebih Cepat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.