Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Selipkan Iklan di "Explorer" Windows 10, Begini Mematikannya

Kompas.com - 13/03/2017, 07:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft dilaporkan diam-diam menyalurkan iklan layanan cloud-nya ke File Explorer di Windows 10. Sejumlah pengguna pekan lalu melihat iklan ini nongol dalam bentuk banner besar di atas jendela explorer.

Iklan dimaksud menampilkan pop-up notifikasi untuk mendaftar di OneDrive, layanan Cloud Storage milik Microsoft di layar Quick Access. Iklan ini muncul ketika pengguna membuka jendela Explorer baru.

Dalam sebuah pernyataan yang dilayangkan ke The Verge, Microsoft menjelaskan bahwa pop-up tersebut merupakan “tip” untuk menyajikan informasi secara langsung ke pengguna Windows 10.

“Informasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman storage dan manajemen file cloud,” sebut Microsoft, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (13/3/2017).

Paul Thurrot Opsi yang harus dimatikan untuk menyetop tayangn iklan Microsoft di window file explorer.
Meski demikian, iklan tetaplah iklan dan sebagian pengguna merasa jengkel atas penampakannya yang mengganggu di dalam jendela explorer di komputer.

Adakah cara mematikannya? Untunglah, ternyata ada dan mudah untuk dilakukan. Caranya cukup dengan membuka opsi “View” di explorer, lalu pilih opsi Options > Change folder and search.

Di jendela baru yang terbuka, klik tab View, lalu cari parameter “Show sync provider notifications” di Advanced Settings. Hilangkan tanda centang yang terdapat di box di sampingnya.

Langkah Microsoft hendak menyalurkan iklan lewat explorer sebenarnya sudah bisa ditebak sejak jauh hari.

Pada Agustus 2016, Microsoft merilis Windows Insider Preview build 14901 yang menyematkan fitur baru bernama “notifications”.

Notifications muncul di bagian atas jendela explorer, persis di lokasi penayangan iklan OneDrive belakangan ini. Ketika itu, Microsoft mengatakan notifications berfungsi untuk memberikan “edukasi produk”.

Baca: Yang Baru di Windows 10 Setelah Setahun Dirilis
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com