Kompas.com - 13/03/2017, 11:33 WIB
Desain stiker taksi online dari Kementerian Perhubungan KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Desain stiker taksi online dari Kementerian Perhubungan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mobil-mobil Uber, Grab, Go-Car, dan taksi online lainnya akan ditempeli stiker khusus. Hal itu sesuai dengan keputusan Kementerian Perhubungan usai melakukan uji publik Peraturan Menteri (PM) No. 32 tentang taksi online di Makassar.

"Iya rencananya begitu, kita sudah sepakati. Kemarin di Makassar saya sudah bicara nantinya akan ada pemasangan tanda dari stiker untuk kendaraan yang dijadikan taksi online," ujar Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto kepada Kompas.com, Sabtu, (11/3/2017).

Akan ada dua stiker yang dipasang di angkutan umum. Satu untuk angkutan sewa umum berplat kuning, dan satu angkutan sewa khusus berplat hitam. Taksi online termasuk dalam golongan angkutan sewa khusus ini.

Baca: Taksi Online Segera Diberi Stiker Khusus

"Kami sudah sepakat tanda khususnya ini (stiker). Kalau sudah melengkapi (syarat) semuanya nanti ada ini," ujar Pudji.

Stiker tersebut juga dilengkapi dengan huruf "T" yang memiliki arti transportasi, serta simbol sinyal yang mengartikan bahwa taksi berbasis aplikasi. Stiker khusus tersebut digunakan sebagai pembeda dari transportasi konvensional.?

Menurut Pudji, secara desain sudah disiapkan model stikernya. Hal ini nantinya akan membantu memudahkan masyarakat untuk mengenali taksi online yang notabennya menggunakan kendaraan pribadi atau tanpa plat kuning.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sejalan dengan ubahan revisi mengenai jenis angkutan sewa. Taksi online disebut bukan lagi masuk dalam kategori angkutan umum, tapi angkutan sewa khusus.

Kemenhub telah resmi melakukan uji publik revisi Peraturan Menteri (PM) Nomor 32 tentang taksi online di Makassar, Jumat (10/3/2017).

Acara ini merupakan lanjutan dari uji publik sebelumnya yang dilakukan di Jakarta pertengahan Februari lalu.

Baca: Grab Tanggapi Aturan Baru Taksi Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.