iPhone 8 Tak Jadi Pakai Layar Melengkung?

Kompas.com - 13/03/2017, 13:10 WIB
Perbandingan tampak depan iPhone 7 dan 6S Ars TechnicaPerbandingan tampak depan iPhone 7 dan 6S
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple dikatakan bakal merilis iPhone 8 dengan desain yang benar-benar baru, sebagai perayaan 10 tahun usia iPhone. Selain berbalut kaca di sekujur tubuhnya, iPhone 8 juga disebut-sebut mengusung layar melengkung.

Rumor itu muncul karena sumber dalam menyebut Apple akan mengganti jenis layarnya dari LCD ke OLED. Diketahui, layar OLED lebih ringan dan fleksibel untuk dibentuk melengkung.

Meski menggunakan layar OLED, analis IHS Markit, Wayne Lam, menduga bahwa Apple tak akan membuat layar iPhone 8 melengkung.

Pasalnya, layar melengkung dianggap tak terlalu signifikan untuk mendukung fungsi iPhone. Terlebih, tren tersebut sudah ramai digunakan pada 2016 lalu. Kini, layar melengkung juga mulai jarang terlihat pada ponsel keluaran 2017.

Lam memprediksi Apple bakal menggunakan layar OLED untuk membuat tampilan dengan sentuhan super peka dan aspek rasio yang lebih lebar. Hal ini yang diusung LG pada seri G6 teranyar.

"Desain dengan aspek rasio layar yang lebar menjadi tren 2017. Kami juga memprediksi desain itu akan diusung Samsung untuk perangkat yang bakal dirilis akhir Maret ini," kata dia, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Senin (13/3/2017).

Dengan kata lain, iPhone 8 bisa jadi akan membawa desain ber-bezel tipis alias bezel-less. Desain seperti itu memang dimungkinkan dengan tampilan OLED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilan OLED menggabungkan piksel yang mampu memproduksi cahayanya sendiri sehingga lebih hemat daya. Jadi, walaupun layar dibikin besar, baterai tak terlalu boros.

Selain itu, kisaran warnanya akan lebih lebar sehingga nyaman dinikmati mata untuk perangkat dengan aspek rasio besar.

Terlepas dari itu semua, belum ada asumsi atau bocoran yang patut diyakini 100 persen. Apakah iPhone 8 akan mengusung layar melengkung? Atau layarnya akan bezel-less? Semuanya bisa dipastikan saat iPhone 8 benar-benar dirilis.

Baca: Belum Dirilis, iPhone 8 Pecahkan Rekor Apple



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X