Kompas.com - 14/03/2017, 10:09 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

PERANCIS, KOMPAS.com - Di era YouTube seperti sekarang, video menjadi salah satu medium populer untuk mengabadikan momen berharga. Tak heran jika para pelancong kerap membawa tongkat narsis (tongsis) dan kamera yang selalu aktif untuk merekam perjalanan.

Mereka tak lagi canggung berbincang dengan layar kamera sembari keliling kota suka-suka.  Aktivitas ini kerap disebut dengan nge-vlog atau vlogging (video blogging).

Mulanya orang-orang yang nge-vlog seakan wajib pakai kamera profesional semacam DSLR atau mirrorless. Namun, dengan inovasi teknologi yang bergerak cepat, kamera smartphone pun bisa diandalkan untuk kegiatan yang satu ini.

Para vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone yang memiliki kualitas kamera mumpuni, kapasitas memori besar, dan RAM jumbo, untuk memenuhi kebutuhan nge-vlog yang lebih mobile dan praktis.

Salah satunya Oppo melalui seri F1s dengan kamera 16 megapiksel, memori 64 GB, dan RAM 4 GB.

KompasTekno mencoba menguji kebolehan F1s versi terbaru tersebut untuk merekam perjalanan selama tiga hari di Avignon dan Nice, Perancis; serta Monte Carlo, Monaco. Berikut vlog yang sebagian besar direkam dengan F1s.

Perjalanan tersebut dilakukan dalam rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Spanyol, beberapa saat lalu. Untuk vlog-vlog lainnya menjelang, selama, dan pasca MWC, bisa cek di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.