Serius Garap Mobil Pintar, Intel Bayar Mahal Perusahaan Israel

Kompas.com - 14/03/2017, 15:38 WIB
Logo Intel IntelLogo Intel
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak tahun lalu, Intel mulai gencar mengembangkan teknologi mobil tanpa awak alias self-driving car. Perusahaan chipset tersebut bahkan telah bekerja sama dengan pabrikan mobil kawakan, BMW, untuk merealisasikan self-driving car komersil pada 2021 mendatang.

Cita-cita itu agaknya semakin serius digarap. Di kuartal I 2017 ini, Intel pun mengakuisisi Mobileye yang tak lain adalah pengembang sistem self-driving car asal Israel.

Nilai investasi yang dikucurkan tak tanggung-tanggung, yakni senilai 14,7 miliar dollar AS atau setara Rp 196 triliun, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Selasa (14/3/2017).

Angka akuisisi itu lebih tinggi 34 persen dibandingkan nilai perusahaan Mobileye. Kesepakatan itu juga mencatat rekor baru sebagai akuisisi tertinggi perusahaan Israel dan industri mobil tanpa awak.

Hal ini agaknya untuk membujuk Mobileye agar mau bergabung di bawah naungan Intel. Pasalnya, akuisisi biasanya dilakukan ke perusahaan yang performa keuangannya sedang tak baik atau pertumbuhan bisnisnya melambat. Sementara, Mobileye adalah perusahaan yang sedang menanjak naik.

Proses akuisisi Mobileye oleh Intel dijadwalkan rampung dalam sembilan bulan ke depan atau sekitar Desember tahun ini. Ke depan, divisi otomotif Intel akan bergabung ke Mobileye dan berbasis di Israel. Hal tersebut diumbar CEO Mobileye, Ziv Aviram.

"Penggabungan kekuatan akan membantu kami mengakselerasi rencana-rencana masa depan dan mereduksi risiko dalam eksekusinya," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobileye selama ini dikenal mengembangkan sistem kamera dan sensor untuk self-driving car. Sejatinya, pada 2016 lalu, BMW juga menggandeng Mobileye selain Intel untuk mewujudkan mobil otomatis empat tahun mendatang.

Baca: CEO Yahoo Marissa Mayer Mundur Setelah Akuisisi Rampung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.