Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Klaim Kuasai Pasar Laptop Indonesia

Kompas.com - 15/03/2017, 16:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Country Marketing Manager Asus Indonesia, Galip Fu, mengatakan Asus menguasai pangsa pasar laptop di Indonesia. Menurut lembaga riset pasar IDC, Asus sudah meraih 51,7 persen pangsa pasar pada kuartal IV 2016. 

Dia menjelaskan bahwa dari total pangsa pasar tersebut, volume penjualan terbesarnya masih didominasi oleh laptop dari segmen menengah. Sedangkan yang terkecil berasal dari segmen premium.

“Sekarang penjualan terbesar masih laptop di kelas menengah ke bawah. Di Indonesia segmen itu besar, orang banyak yang memilih untuk membeli laptop di rentang harga Rp 5 juta sampai Rp 9 juta,” ujar Fu saat bincang dengan wartawan di sela acara ZenCreator, di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

“Sementara itu segmen premium, seperti seri Zenbook, volume penjualannya lebih sedikit. Saya tidak bisa bilang detail atau persentasenya. Tapi kami tetap berusaha mengenalkan Zenbook, karena sebetulnya kemampuannya setara dengan MacBook,” imbuhnya.

Baca: Cara Asus Penuhi TKDN Ponsel 4G 30 Persen di Indonesia

Dorong Segmen Premium

Asus sendiri  mengaku sedang berusaha mendongkrak pembeli dari segmen premium. Salah satu upayanya, menurut Fu, adalah dengan mengadakan program bernama ZenCreator yang bertujuan memamerkan berbagai kegunaan Zenbook dalam hal produktivitas.

Fu berpendapat sebenarnya di Indonesia banyak orang yang sanggup membeli laptop di segmen harga premium atau di atas Rp 10 juta. Tapi para calon pembeli itu cenderung hati-hati dan penuh pertimbangan.

Perspektif pembeli pun rata-rata cenderung melirik ke laptop pesaing, yakni buatan Apple. Pembeli menganggap bahwa laptop yang menggunakan sistem operasi Windows lebih cocok untuk kegiatan biasa, seperti mengetik.

Baca: Petinggi Asus Indonesia Pindah ke Microsoft

“Karena itulah kami mengadakan ZenCreator, yang isinya kumpulan orang-orang kreatif yang memiliki karya. Mereka akan membuat karya menggunakan Zenbook dan menunjukkan bahwa ZenBook dengan Windows bisa dipakai untuk segala keperluan produktif. Bisa mengetik, membuat film, musik, hingga soal fotografi,” ujar Fu.

Product Marketing Asus Indonesia, Davina Larissa, mengungkap bahwa ZenCreator masih baru dimulai. Sudah ada beberapa orang pengguna Zenbook yang tergabung di dalam ZenCreator, antara lain Giring pendiri Kincir.com, kreator YouTube Bayu Skak, dan musisi Eka Gustiwana.  

“Kami bakal menambah jumlah anggota ZenCreator ini hingga 50 orang. Mereka adalah orang-orang yang punya karya, bisa YouTuber, sutradara, atau bloger. Nantinya mereka akan difasilitasi untuk berkarya, misalnya melalui workshop dan Zenbook,” terang Davina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com