Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Samsung di Galaxy S8 Meluncur Duluan

Kompas.com - 16/03/2017, 11:34 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Entah disengaja atau tidak, Samsung telah mengonfirmasikan fitur asisten pribadi virtual terbarunya, yakni Bixby. Fitur yang disebut bakal tersedia di Galaxy S8 itu diperkenalkan melalui situs Samsung Italia.

Selama ini, nama Bixby memang santer beredar di internet. Fitur tersebut dirumorkan akan menjadi "lawan" sepadan, bahkan lebih canggih, dari asisten pribadi bikinan Apple, Siri.

Meski begitu, selama ini Samsung belum merilis pernyataan apapun soal Bixby. Namanya pun belum pernah terucap oleh Samsung sekali pun, setidaknya hingga saat ini.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari SamMobile, Kamis (16/3/2017), nama Bixby sudah muncul di situs Samsung Italia, tepatnya di bagian Terms and Conditions. Kemunculan nama tersebut seperti membenarkan rumor yang beredar belakangan ini.

Selain nama, laman Samsung Italia juga membocorkan, fitur tersebut bakal dipasangkan di banyak perangkat, tidak hanya di produk flagship, seperti Galaxy S8.

Bixby bisa saja dipasangkan di perangkat lain, seperti produk wearable. Jadi, jangan heran apabila suatu saat nanti, fitur tersebut muncul di lini produk jam tangan pintar Samsung.

Total, Bixby dikatakan mampu mengenali delapan bahasa pada saat peluncurannya nanti. Samsung sendiri baru akan banyak memberikan detail seputar Bixby saat peluncuran Galaxy S8 pada akhir Maret nanti.

Selama ini, Samsung menyebut Bixby sebagai aplikasi untuk smartphone, ponsel, komputer portabel, dan komputer tablet, yang dioperasikan dengan sistem pengenal suara. Bixby memungkinkan pengguna mengoperasikan gadget tanpa tangan (hands-free).

Deskripsi itu menyerupai asisten digital yang telah ada di platform lain, seperti Google Android, Apple iOS, dan Windows Phone.

Pada Oktober lalu Samsung telah mengakuisisi perusahaan pengembang artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) bernama Viv. Perusahaan itulah yang juga mengembangkan Siri, asisten digital di platform iOS.

Viv disebut Samsung memungkinkan pengembangnya membuat kerangka antarmuka berbasis bahasa di aplikasi dan layanannya. Misalnya menu yang dinavigasi dengan suara dan perintah-perintah yang telah ditentukan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com