Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Chrome Berhenti Bikin Baterai Laptop Boros

Kompas.com - 16/03/2017, 12:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Techtimes

KOMPAS.com - Aplikasi peramban (browser) Chrome bikinan Google selama ini dikenal sering memakai banyak resource di latar belakang sehingga memboroskan baterai komputer.

Google menyadari masalah tersebut dan berusaha mengatasinya dalam Chrome terbaru versi 57 dengan cara melakukan “throttling” alias mengurangi pemakaian sumber daya dari tab yang berjalan di background.

“Chrome 57 akan membatasi load CPU hingga 1 persen dari sebuah core aplabila sebuah aplikasi memakai terlalu banyak daya CPU,” tulis Google dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Algoritma “timer” secara otomatis akan melakukan throttling apabila sebuah tab berada di background dalam waktu tertentu.

Ada beberapa pengecualian dari aturan throttling di atas. WebSocket dan WebRTC yang membutuhkan koneksi real time, juga tab yang memainkan audio tidak akan dimatikan secara otomatis.

Disebutkan bahwa background tab menyumbang hingga sepertiga total pemakaian daya dari browser Chrome versi desktop.

Mekanisme throttling diklaim bisa mengurangi jumlah tab yang memakan sumber daya di latar belakang hingga 25 persen sehingga menghemat baterai perangkat seperti notebook.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechTimes, Kamis (16/3/2017), fitur throttling ini sebenarnya sudah lama diterapkan di Chrome versi Android, namun baru belakangan saja mampir ke desktop.

Chrome versi 57 tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, serta bisa diunduh dari tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Techtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com