Kompas.com - 17/03/2017, 10:17 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

LAMPUNG, KOMPAS.com - Telkomsel resmi membuka akses jaringan 4G LTE untuk pelanggannya di wilayah pulau Sumatera. Akses tersebut bisa diperolah di 154 ibukota kabupaten di pulau tersebut.

Dua di antara 154 ibukota kabupaten yang sudah mendapat 4G itu di antaranya adalah Jambi dan Lampung.

"Alhamdulillah, hari ini kami telah meresmikan 4G LTE di seluruh ibukota kabupaten Sumatera," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam acara peresmian yang berlangsung di Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (17/3/2017).

Ririek menambahkan, koneksi internet cepat di seluruh ibukota kabupaten Sumatera itu ditangani oleh 2.000 unit base transceiver station (BTS) 4G. Jumlah BTS ini rencananya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan di masing-masing area.

"Dengan peresmian ini, sekarang 4G Telkomsel sudah menjangkau 200 ibukota kabupaten, termasuk Sabang sampai Merauke. Jadi sudah dari ujung ke ujung, dan kami akan memperluas jangkauannya hingga mencakup seluruh ibukota kabupaten yang totalnya 400 wilayah," imbuhnya.

Saat ini tercatat bahwa Telkomsel memikiki lebih dari 48 juta pelangan di area Sumatera. Sekitar 23 juta di antaranya merupakan pengguna layanan data, dengan total 4,5 juta pelanggan sudah menggunakan layanan 4G LTE.

Perusahaan mencatat bahwa penggunaan layanan data di wilayah ini meningkat 135 persen. Rata-rata penggunaan terbesar adalah untuk akses dan aktivitas di media sosial, video, serta pesan instan.

Sekadar diketahui, untuk bisa merasakan jaringan 4G, pengguna layanan seluler Telkomsel mesti memakai ponsel yang mendukung konektivitas 4G dan menukar kartu SIM-nya dengan versi yang mendukung 4G.

Baca: Telkomsel dan Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.