Kompas.com - 20/03/2017, 12:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple kembali mendongkrak nilai investasinya di China. Pabrikan gadget ini pada akhir pekan lalu mengumumkan rencana untuk membangun dua pusat riset dan pengembangan teknologi di Negeri Tirai Bambu.

Kedua pusat riset direncanakan bakal dibangun di kota Shanghai dan Suzhou. Jumlah pusat riset yang rencananya akan dibangun Apple di China pun makin banyak.

Sebelumnya, Apple telah mengumumkan rencana membangun dua pusat riset di Beijing dan Shenzen. Keempat pusat riset rencananya akan mulai beroperasi tahun ini.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS tersebut berkomitmen menanam modal 3,5 miliar yuan atau lebih dari Rp 6,7 triliun rupiah untuk mengembangkan teknologi di China.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (20/3/2017), rencana Apple menambah dua pusat riset di China diumumkan hanya sehari menjelang kedatangan CEO Tim Cook di China Development Forum pada 18 Maret.

China merupakan pasar terbesar bagi Apple di luar Amerika Serikat. Hampir semua lini produksi hardware Apple juga bertempat di China.

Sementara itu, di Indonesia, Apple juga memiliki komitmen membangun tiga pusat riset di sejumlah lokasi dengan nilai investasi 44 juta dollar AS atau setara Rp 588,5 miliar.

Pusat riset Apple di Indonesia dibangun dalam rangka memenuhi ketentuan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) ponsel 4G sebesar 30 persen.

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Dibangun di Banten

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.