Belum Disentuh, Tanah Eks Yahoo Dijual Perusahaan China

Kompas.com - 20/03/2017, 18:09 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Perusahaan gadget asal China LeEco disinyalir batal membangun markas baru di Silicon Valley, Amerika Serikat dalam waktu dekat ini. Pasalnya lahan 19,8 hektar yang merupakan calon tempat berdirinya markas tersebut kini justru dijual.

Penjualan lahan tersebut dilakukan hanya berselang setahun setelah LeEco membelinya dari Yahoo. Harga yang ditawarkan pun dikabarkan tak berubah jauh dibanding saat LeEco membelinya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (20/3/2017), pembeli lahan tersebut adalah sebuah grup perusahaan pengembang asal China, Genzon. Mereka dikabarkan membeli tanah milik LeEco itu seharga 260 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,4 triliun.

Nilai pembelian Genzon hanya terpaut 10 juta dollar atau sekitar Rp 133,2 miliar dibanding harga yang mesti dibayarkan LeEco saat membeli tanah itu dari Yahoo.

Genzon sendiri telah mengonfirmasi sedang melakukan negosiasi mengenai pembelian tanah di Silicon Valley itu. Namun mereka enggan bicara lebih jauh dan sama sekali tidak mengungkap  harganya. Di sisi lain, LeEco hanya mengatakan bahwa saat ini mereka tidak berencana mengumumkan informasi apa pun.

Sekadar diketahui, pada tahun lalu LeEco berencana melakukan ekspansi pasar ke AS. Demi tujuan tersebut, perusahaan asal China ini membeli sebuah lahan seluas 19,8 hektar milik Yahoo di Silicon Valley.

Lahan itu tadinya akan dipakai mendirikan markas yang diberi nama EcoCity dan mewadahi 12.000 orang pekerja.

Sayangnya, LeEco perhitungan LeEco kurang matang. Mereka terlalu cepat melakukan ekspansi sehingga uangnya nyaris terkuras habis.

Kini, alih-alih menjalankan ekspansi, perusahaan asal China itu justru mengurangi jumlah pekerjanya di AS, India dan China. Produk berupa mobil elektrik EV, yang merupakan hasil kerja sama LeEco dengan Faraday Future pun kemungkinan tidak akan diluncurkan.

Baca: Mengenal LeEco, Pembuat Smartphone, TV 4K, dan Mobil Otonomos

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.