Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 205, Prosesor 4G untuk "Feature Phone"

Kompas.com - 21/03/2017, 06:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Feature phone kembali mendapat sorotan dengan munculnya Nokia 3310 versi baru. Meski umumnya dibanderol dengan harga relatif terjangkau, kecepatan internet feature phone tak bisa menyamai smartphone yang lebih “pintar”.

Hal tersebut kemungkinan bakal segera berubah dengan hadirnya Snapdragon 205, prosesor baru dari Qualcomm yang khusus ditujukan untuk feature phone.

Diperkenalkan awal pekan ini, Snapdragon 205 memiliki modem 4G LTE terintegrasi yang mendukung kecepatan downlink hingga 150 Mbps dan uplink hingga 50 Mbps.

Di dalamnya turut tertanam CPU dual core dengan kecepatan 1,1 GHz dan GPU Adreno. Snapdragon 205 mendukung kamera utama dengan resolusi hingga 3 megapiksel dan kamera depan 0,3 megapiksel, berikut dual-SIM dan NFC.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Selasa (21/3/2017), feature phone yang dibekali dengan Snapdragon 205 diperkirakan bakal muncul dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Sejauh ini Qualcomm sudah bermitra dengan sejumlah pabrikan seperti Megafone, Nubia, dan HiPad untuk membuat feature phone berkapabilitas 4G LTE.

Feature phone masih mendominasi pasaran ponsel di negara-negara berkembang seperti India, Vietnam, dan Afrika.

Pada saat yang sama, permintaan dan infrastruktur 4G LTE terus berkembang sehingga lembaga riset IDC memperdiksi bahwa 80 persen ponsel yang dipasarkan pada 2020 bakal mendukung konektivitas 4G LTE. 

Baca: Qualcomm Siap Jual Ponsel 4G Rp 500.000 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com