Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path Perkenalkan Video Coverstory, Begini Cara Memakainya

Kompas.com - 21/03/2017, 08:05 WIB
Oik Yusuf,
Deliusno

Tim Redaksi

KOMPAS.com - “Foto dan video 24 jam” ala Snapchat rupanya sedang mewabah di kalangan pengelola media sosial. Setelah WhatsApp, Facebook, dan Instagram, kini giliran Path menerapkan fitur serupa.

Bernama Coverstory, fitur dimaksud muncul dalam update Path versi 6.0.0 di toko aplikasi Android Google Play Store, Senin (20/3/2017) kemarin. Sementara itu, fitur Coverstory belum tampak di iOS. Pihak Path sendiri belum memberikan pernyataan kapan fitur serupa bakal hadir di iPhone.

Usai memperbarui aplikasi, pengguna Path akan disuguhi notifikasi baru berupa tombol “play” berwarna ungu di pojok kanan bawah foto cover.

Ketika ditekan, tombol tersebut akan membawa pengguna ke tampilan video Coverstory. Layar pertama yang ditampilkan berisi video Coverstory dari teman-teman pengguna.

Fitur video Coverstory muncul di Path versi 6.0.0 di Android. Untuk menggunakannya, klik tombol play di pojok kanan bawah foto profil (gambar tengah). Sebuah layar baru berisi kumpulan video Coverstories milik pengguna dan milik teman-teman akan ditampilkan (layar kanan).Reska Koko Nistanto/ KOMPAS.com Fitur video Coverstory muncul di Path versi 6.0.0 di Android. Untuk menggunakannya, klik tombol play di pojok kanan bawah foto profil (gambar tengah). Sebuah layar baru berisi kumpulan video Coverstories milik pengguna dan milik teman-teman akan ditampilkan (layar kanan).

Video Coverstory ini memiliki counter timer untuk menunjukkan berapa lama waktu yang tersisa sebelum video terhapus dengan sendirinya.

Untuk menambah video Coverstory milik sendiri, silahkan klik tanda “+” di bagian bawah. Layar kemudian akan berganti untuk menampilkan antarmuka kamera.

Video (dengan aspect ratio 1:1) bisa direkam dengan menekan dan menahan tombol record berbentuk bundar. Durasi video yang bisa direkam maksimal 10 detik.

Antarmuka kamera untuk merekam video Coverstories (gambar kiri). Video bisa ditambahi teks dan musik layar belakang (layar tengah). Usai diunggah, video akan muncul sebagai latar belakang profil pengguna.Oik Yusuf/ KOMPAS.com Antarmuka kamera untuk merekam video Coverstories (gambar kiri). Video bisa ditambahi teks dan musik layar belakang (layar tengah). Usai diunggah, video akan muncul sebagai latar belakang profil pengguna.

Usai merekam video, akan muncul layar berikut di mana pengguna bisa menambah musik latar belakang dan caption. Video bisa diimbuhi tulisan dengan menyentuhkan jari di area frame video.

Terakhir, untuk mengunggah, tinggal kilik tombol “post”. Video akan ditampilkan sebagai latar belakang di laman profil pengguna.

Lebih dari satu video Coverstory bisa ditampilkan dalam satu waktu. Selamat mencoba!

Baca: Path Rilis Fitur #PathParty, Bikin Foto Bareng Makin Meriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com