AS Larang Penumpang Pesawat dari 13 Negara Bawa "Gadget" ke Kabin

Kompas.com - 21/03/2017, 15:40 WIB
Inflight Entertainment (IFE) Qatar A350 Reska K. Nistanto/KOMPAS.comInflight Entertainment (IFE) Qatar A350
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melarang penumpang pesawat dari 13 negara Afrika dan Timur Tengah membawa gadget dan benda elektronik ke dalam pesawat yang terbang langsung (direct) ke AS.

Informasi soal aturan baru tersebut disebar oleh US Transportation Safety Administration (TSA) melalui e-mail ke berbagai maskapai di Afrika dan Timur Tengah, Senin (20/3/2017) lalu.

Dikutip KompasTekno dari The Guardian, Selasa (21/3/2017), smartphone masih diperbolehkan dibawa masuk ke kabin pesawat. Namun, gadget yang lebih besar seperti laptop, tablet, atau kamera, harus dimasukkan ke bagasi tercatat (checked-in baggage).

Artinya, benda-benda elektronik yang lebih besar dari smartphone tidak bisa dibawa masuk ke kabin pesawat bersama penumpang, melainkan di kargo pesawat.

Tidak dijelaskan maskapai apa saja yang terimbas oleh aturan baru ini. Namun dua maskapai dari Arab, Royal Jordanian dan Saudia Airlines, sudah mengumumkan pelarangan ini. Maskapai memiliki waktu 96 jam untuk mematuhi dan memberlakukan peraturan baru tersebut.

Pejabat penerbangan di AS mengatakan bahwa aturan ini dibuat setelah timbul kekhawatiran terhadap penumpang-penumpang pesawat yang terbang non-stop ke AS dari negara-negara tertentu.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa ancaman kepada AS akan berkurang jika penumpang pesawat ditransfer melalui kota-kota sekunder lebih dahulu, dengan prosedur pemeriksaan yang lebih ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Reaksi Bos-bos Perusahaan Teknologi AS Setelah Trump Serukan Anti-imigran



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.